Seleksi CASN Segera Dibuka, Pemerintah Fokus Kebutuhan Tenaga Kesehatan dan Pendidikan -->

Iklan Atas

Seleksi CASN Segera Dibuka, Pemerintah Fokus Kebutuhan Tenaga Kesehatan dan Pendidikan

Selasa, 31 Januari 2023

 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Azwar Anas mengumumkan seleksi CASN 2023 dibuka.




Jakarta - Pemerintah segera membuka seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) melingkupi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). 


Fokus formasi untuk tenaga kesehatan dan pendidikan. “Seleksi tahun ini juga akan dibuka untuk umum, tidak hanya dari jalur sekolah kedinasan,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas dalam keterangannya, Senin (30/1/2023),sebagaimana dikutip iNews.id.


Pemerintah juga akan memberi prioritas kepada talenta digital sebagai bentuk transformasi digitalisasi yang kini sedang dijalankan dalam kerangka arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). “Formasi juga akan dibuka hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya,” ujarnya.


Rekrutmen CASN 2023 juga mempertimbangkan sejumlah variabel tertentu, seperti indikator jumlah PNS yang pensiun dan pemenuhan SDM guna mendukung program strategis nasional, termasuk letak geografis dan kemampuan anggaran. Untuk itu, Azwar Anas meminta instansi pemerintah mulai mendata dan mengusulkan kebutuhan ASN tahun 2023 yang prioritas untuk segera diisi di instansi masing-masing.(*)