Seorang Pria Diselamatkan Setelah 24 Hari Terombang-ambing di Laut Karibia -->

Iklan Atas

Seorang Pria Diselamatkan Setelah 24 Hari Terombang-ambing di Laut Karibia

Jumat, 20 Januari 2023

 

Ilustrasi


Bogota - Angkatan Laut Kolombia pada Senin (16/1/2023) menyelamatkan seorang pria asal Dominika yang mengaku telah terapung-apung di atas perahu layar selama 24 hari di laut Karibia.


Elvis Francois berlayar dari Pulau San Martin dan ditolong di dekat departemen La Guajira, di ujung utara Kolombia.


Pelaut itu menuliskan kata “Tolong” di lambung perahu layarnya.


Ia ditemukan dari udara ketika berada sekira 120 mil laut (sekitar 230 kilometer) di barat laut La Guajira dan kemudian dibantu oleh sebuah kapal dagang.


“Saya mencoba berlayar kembali ke pelabuhan, tapi saya kehilangan arah karena butuh waktu agak lama bagi saya untuk memasang layar dan memperbaiki layar. Saya menerima telepon… saya telepon teman-teman saya, rekan kerja saya. Mereka mencoba menghubungi saya, tapi mereka kehilangan sinyal. Tidak ada yang bisa saya lakukan lagi selain menunggu. Saya tidak punya makanan, hanya sebotol saus tomat yang ada di kapal, bubuk bawang putih dan [sup] Maggi, jadi saya campur itu semua dengan air. Saya memakan itu agar bisa bertahan selama 24 hari di lautan,” ujar Elvis Francois sebagaimana dilansir dari VOA Indonesia.


Setelah kesehatannya diperiksa dokter AL, Kapten Carlos Urbano Montes, Komandan Angkatan Darat Kolombia dari Grup Penjaga Pantai Karibia, mengatakan pada Selasa (17/1/2023), “Pelaut asal Dominika itu dalam kondisi sehat.”


Francois mengatakan bahwa pria itu bertahan hidup hanya dengan memakan saus tomat, bubuk bawang putih dan sup Maggi yang tersisa di kapal.(*)