Temuan Bom Peninggalan Perang Dunia II di Bawah Tanah, 3.300 Orang Dievakuasi -->

Iklan Atas

Temuan Bom Peninggalan Perang Dunia II di Bawah Tanah, 3.300 Orang Dievakuasi

Jumat, 20 Januari 2023

 

Bom peninggalan PD II ditemukan di Essen, Jerman, memaksa evakuasi 3.300 warga sekitar.



MOSKOW  - Sekitar 3.300 warga di Kota Essen, Jerman, terpaksa dievakuasi setelah ditemukan bom peninggalan Perang Dunia II, Kamis (19/1/2023). Bom itu diketahui milik Amerika Serikat (AS) yang tak meledak setelah dijatuhkan dari udara.


Stasiun televisi WDR melaporkan bom seberat 500 kg itu ditemukan di bawah tanah saat para pekerja hendak membongkar bangunan, sebagaimana dikutip iNews.id.


Perjalanan seluruh kereta di Essen juga akan dibatasi atau dihentikan selama proses evakuasi atau penjinakan bom.


Selain itu bom juga ditemukan di Kota Oberhausen yang bersebelahan dengan Essen. Otoritas memaksa 480 jiwa untuk mengungsi sementara selama proses penjinakan bom.


Pasukan Inggris dan AS menjatuhkan banyak bom di Jerman selama Perang Dunia II untuk mengalahkan pasukan Nazi, namun banyak yang tidak meledak. 


Otoritas Jerman terpaksa meledakkan bom peninggalan Perang Dunia II yang ditemukan di bawah tanah area konstruksi Kota Regensburg pada April 2019. 


Bom seberat 250 kg itu diledakkan di lokasi karena tak bisa dipindahkan maupun dijinakkan. Selain itu bom dilengkapi dengan detonator yang sangat rumit. Akibatnya, sekitar 4.500 warga yang tinggal dalam radius 1,5 km dari titik ledakan dievakuasi.


Sebuah bom buatan AS ditemukan di kota yang sama pada Januari 2019, namun berhasil dijinakkan. Pada Juni 2017, penemuan bom di dekat penjara memaksa evakuasi lebih dari 100 tahanan, bersama sekitar 1.500 penduduk. (*)