Waduh! Macan Kabur dari Kebun Binatang, Warga Diminta Tak Tangkap Sendiri -->

Waduh! Macan Kabur dari Kebun Binatang, Warga Diminta Tak Tangkap Sendiri

Sabtu, 14 Januari 2023

Macan Dahan


DALLAS - Seekor macan dahan kabur dari kebun binatang di Dallas, Texas, Amerika Serikat (AS). Petugas segera menutup kebun binatang dan mengeluarkan peringatan 'Code Blue'. 


Hewan berkaki empat itu diketahui telah hilang pada Jumat (13/1/2023). Staf kebun binatang sedang mencari hewan itu di area lahan seluas 43 hektare. 


Mereka menjelaskan, leopard itu berjenis kelamin betina dengan usia berkisar 3-4 tahun. Petugas yakin hewan ini tidak meninggalkan kebun binatang sepenuhnya. Hal itu karena adanya pagar pembatas dan sifat kucing yang teritorial, sebagaimana dikutip iNews.id.


"Dia tidak menimbulkan bahaya bagi manusia," Harrison Edell, wakil presiden kebun binatang untuk perawatan dan konservasi hewan. 


Dia menjelaskan, kemungkinan besar hewan ini merasa takut. Dia akan memanjat pohon, menjauh dari jalan dan berburu beberapa tupai dan burung.


Macan dahan, merupakan satu dari dua bersauda yang dipelihara di Kebun Binatang Dallas. Dia terlihat hilang pada tengah hari. 



Peringatan 'Code Blue' memberi tahu semua staf bahwa hewan yang tidak berbahaya hilang.


Edell mengatakan tidak diketahui secara pasti kapan kucing itu melarikan diri. Tetapi dia tampaknya telah lolos dari jaring yang robek di sekitar kandang pada suatu malam. 


"Macan dahan kedua tidak kabur," katanya.


Belum diketahui pasti bagaimana jaring itu robek, meski adakemungkinan keterlibatan manusia.


Macan dahan, disebut demikian karena pola bulunya yang seperti awan. Jumlahnya mengalami penurunan di alam liar. Merkea mendiami hutan lebat di kaki pegunungan Himalaya, Asia Tenggara, dan China Selatan.


Petugas kebun binatang mengatakan, sementara macan dahan mungkin akan ditemukan di properti itu. Penduduk setempat diminta mewaspadai kucing yang sangat besar itu.


"Dia masih memiliki cakar dan gigi yang lengkap. Kami tidak ingin ada yang mencoba menangkapnya. Dia bukan kucing rumahan, ini masih hewan liar. Tapi foto atau info apa pun akan sangat membantu," katanya. (*)