Wisuda VI Tahun 2022, Unand Lepas 1.210 Lulusan -->

Wisuda VI Tahun 2022, Unand Lepas 1.210 Lulusan

Sabtu, 14 Januari 2023
.

Padang, fajarsumbar com - Universitas Andalas (Unand) Padang, kembali mewisuda 1.210 orang lulusan, Program Diploma, Sarjana, Profesi, Spesialis, Magister, dan Doktor.


Wiisudawan/wisudawati tersebut, terdiri dari Program Diploma Tiga 5 orang, Sarjana 805 orang, Profesi 160 orang Spesialis 27 orang, Magister 194 orang dan Doktor 19 orang.


Prosesi wisuda ke VI Unand Tahun 2022 yang berlangsung dalam rapat senat terbuka tersebut, dihadiri Ketua Senat Akademik Prof Syafrizal dan Ketua Majelis Amanat Prof Dr  Werry Darta Taifur.


Kita bersyukur, pelaksanaan wisuda ini, bisa dilaksanakan kembali secara tatap muka. Hal ini guna membuka ruang silaturrahmi bisa merasakan kebahagiaan masing-masing wisudawan bersama keluarga, ujar Rektor Unand Prof Yuliandri. SH. MH pada wisuda Unand ke VI Tahun 2022 di Auditorium Kampus Limau Manis Padang, Sabtu (14/01/2023).


"Rasa syukur ini tentunya atas keberhasilan yang diperoleh dalam usaha menyelesaikan studi mahasiswa di perguruan tinggi ini", katanya.


Dengan demikian kami bersama seluruh pimpinan Unand menyampaikan selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati yang telah menyelesaikan pendidikannya.


Selesainya proses pendidikan formal tersebut, harap Prof Yuliandri, saudara-saudara sekalian berhak untuk menyandang gelar sesuai bidang kualifikasi keilmuan masing-masing dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


"Prof Yuliandri, juga mengucapkan selamat atas gelar akademik beserta hak yang melekat pada gelar dimaksud, semoga saudara semua dapat menggunakan ilmu dan gelar itu untuk kebaikan dan kemaslahatan orang banyak,"


Sebagai seorang lulusan perguruan tinggi saudara kini ikut memikul tanggung jawab keilmuan untuk memajukan tingkat kehidupan masyarakat, bangsa dan negara Indonesia tercinta.


Walaupun anda diterpa badai perubahan serta tantangan kehidupan masyarakat di masa depan yang semakin berat, Prof Yuliandri mengajak wisudawan/wisudawati harus percaya diri, bahwa anda akan sanggup berbuat yang terbaik bagi
masyarakat yang membutuhkan orang yang pandai dan terdidik, namun itu tidak cukup, karena  orang pandai sudah banyak, namun kini kita butuh sosok orang BAIK.


Untuk itu, jagalah martabat diri, bangunlah kepedulian dalam diri saudara, peka-lah terhadap kehidupan lingkungan masyarakat dan pastikan anda menebar manfaat dengan dedikasi ilmu dan karya terbaik dan berkontribusi untuk membangun peradaban.


"Dalam menapaki kehidupan nyata setelah ini, jadikanlah hasil pembelajaran dan pengalaman selama di Unand ini sebagai modal awal untuk berkarya dan kembangkan pengetahuan tersebut dengan prinsip pembelajar sepanjang hayat, sehingga saudara semua menjadi intelektual yang berintegritas, mengedepankan perilaku yang berartabat dengan kompetensi yang dimiliki," harap Prof Yuliandri.


"Capaian saudara hari ini tentunya merupakan hasil jerih payah, buah dari kerja keras, kesabaran dan ketabahan Saudara, namun jangan lupakan, ada sosok-sosok yang senantiasa sepenuh hati memberi dukungan moral atau materil dan
mungkin selalu terselip nama anda didalam doa-doanya," sebutnya.


Mereka adalah segenap keluarga terutama orang tua dan kerabat. Keberhasilan Saudara adalah kebahagiaan mereka semua. Untuk itu mari kita sama-sama panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT,


Menyinggung upaya lain yang dilakukan Unand, agar alumni bisa mengisi pasar kerja, menurut Prof Yuliandri, lulusan Unand telah dibekali dengan berbagai ilmu pengetahuan, sehingga mampu berkompetisi dengan lulusan Perguruan Tinggi lainya. Kemudian mengisi pormasi kerja baik yang disediakan lembaga/instansi pemerintah maupun pihak swasta. "Tak hanya itu saja, namun alumni Unand, juga telah banyak yang membuka usaha secara mandiri," sembari mengakhiri sambutanya.


Sementara itu, disela prosesi wisuda yang berlangsung khitmat itu, ditandai dengan penyerahan 1.210 alumni baru, dari Rektor Unand, Prof Yuliandri, Kepada Ketua Harian Iluni Unand.(RDz).