100 Personil Dikerahkan Dinas Perkim LH Tanah Datar Untuk Bersihkan LCM -->

Iklan Atas

100 Personil Dikerahkan Dinas Perkim LH Tanah Datar Untuk Bersihkan LCM

Rabu, 01 Februari 2023

Petugas Kebersihan dari Perkim LH Tanah Datar lagi membersihkan LCM

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Kurang lebih 100 tenaga kebersihan di Kabupaten Tanah Datar, melakukan gotong royong membersihkan Taman Kota Lapangan Cindua Mato (LCM) Batusangkar, Rabu (1/2/2023).


Tampak hadir Asisten Ekonomi Pembangunan (Ekobang) Abdul Hakim, Kepala Dinas Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Tanah Datar Nofi Hendri beserta jajaran, perwakilan dari Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Parpora) Tanah Datar, Satpol PP dan Pemadam Kebakaran, serta Dinas Kominfo.


Kepala Dinas Perkim LH Nofi Hendri mengatakan, gotong royong tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil rapat, persiapan jelang pembukaan LCM Batusangkar, yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.


"Kita pada hari ini adalah dalam upaya pembersihan, dengan menurunkan kurang lebih 100 orang tenaga kebersihan, baik kebersihan taman maupun kebersihan jalan," kata Nofi.


Diketahui, LCM merupakan taman kota, yang menjadi tempat bermain bagi masyarakat Batusangkar dan sekitarnya. Bahkan lapangan tersebut juga dijadikan tempat aktivitas olahraga, bagi pelajar dan masyarakat Batusangkar. Kini, akhirnya kerinduan masyarakat Tanah Datar, akan dibukanya kembali taman kota LCM Batusangkar segera terobati.


Namun, dalam tiga tahun belakangan, atau pada masa kepemimpinan Bupati Almarhum Irdinansyah Tarmizi, dilakukan revitalisasi LCM Batusangkar. Pengerjaannya dilakukan langsung oleh Kementerian PUPR, melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Barat.


Kementerian PUPR melalui BPPW Sumbar secara resmi, telah menyerahkan pengelolaan sementara pengembangan LCM tersebut ke Pemkab Tanah Datar. Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Pengelolaan Sementara Taman Kota LCM, yang dilaksanakan di Gedung Indojolito Batusangkar, pada Jumat (27/1) lalu.


"Hari ini serah terima aset yang kita bangun di Tanah Datar, yaitu Lapangan Cindua Mato, memelihara lebih susah daripada membangun. Kami berharap setelah serah terima dapat dipelihara dengan baik," ujar Kepala BPPW Sumbar Kusworo Darpito.


Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra menyebut, acara serah terima itu menjadi momen yang sangat ditunggu oleh Pemerintah maupun masyarakat Tanah Datar. Ia menyebut, Pemkab Tanah Datar siap merawat, menjaga dan mengelola aset tersebut dengan baik, sehingga bermanfaat besar untuk masyarakat.


"Angin segar yang dinanti-nantikanan masyarakat, InsyaAllah tidak lama lagi akan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Setelah diserahkan tentunya Pemkab Tanah Datar akan berbena, bersiap untuk merawat LCM ini," ujar Bupati. (F12)