5 Negara Ini Tidak Ikut Mendirikan Organisasi ASEAN -->

Iklan Atas

5 Negara Ini Tidak Ikut Mendirikan Organisasi ASEAN

Jumat, 17 Februari 2023

 

Negara Asean


Jakarta - Inilah 5 negara yang tidak ikut mendirikan organisasi ASEAN. Organisasi ini didirikan oleh lima negara yaitu Thailand, Indonesia, Malaysia, Singapura dan Philipina.


Masing-masing negara pendiri diwakili oleh menteri luar negeri mereka yang diantaranya adalah Adam Malik dari Indonesia, Tun ABdul Razak dari Malaysia, Narciso R. Ramos dari Philipina, S. Rajaratnam dari Singapura, dan Thanat Khoman dari Thailand,sebagaimana dikutip Okezone.com.


Pertemuan kelima menteri luar negeri ini menghasilkan Deklarasi Bangkok yang menandai ASEAN secara resmi berdiri pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand.


Berikut negara lain yang tidak ikut mendirikan ASEAN memutuskan untuk bergabung dirangkum dari berbagai sumber:


1.Brunei Darussalam

Brunei Darussalam merupakan negara yang terletak di sebelah utara Pulau Kalimantan. Brunei merupakan anggota pertama yang bergabung ke ASEAN meski bukan negara pendiri. memutuskan untuk bergabung dalam keanggotaan ASEAN pada 7 Januari 1984.

2. Vietnam

Vietnam menjadi negara non pendiri yang bergabung dalam keanggotaan ASEAN berikutnya. Vietnam bergabung pada 28 Juli 1995.

3. Laos

Laos baru bergabung dalam keanggotaan ASEAN selang dua tahun dengan Vietnam. Tepatnya, Laos bergabung pada 23 Juli 1997.


4. Myanmar

Myanmar merupakan negara yang terletak paling utara di wilayah Asia Tenggara. Myanmar sendiri bergabung dengan keanggotaan ASEAN bersamaan dengan Laos pada 23 Juli 1997.


5. Kamboja

Kamboja menjadi negara di Asia Tenggara yang terakhir bergabung pada era abad ke 20. Tepatnya Kamboja bergabung pada 30 April 1999.


Dengan ditambah Timor Leste yang bergabung 11 November 2022 lau, maka jumlah anggota ASEAN saat ini menjadi 11 negara.


Itulah 5 negara yang tidak ikut mendirikan Organisasi ASEAN.(*)