673 Mahasiswa Poltekkes Padang PKL di Agam -->

Iklan Atas

673 Mahasiswa Poltekkes Padang PKL di Agam

Kamis, 23 Februari 2023
.


Agam – Sebanyak 673 mahasiswa Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Padang bakal melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Kabupaten Agam tahun ini.


Wadir Poltekkes Padang, Dr Gusnedi mengatakan, dari jumlah mahasiswa itu berasal dari 11 program studi yang ditempatkan pada 68 jorong di dua kecamatan.


“Kedua kecamatan itu IV Koto dan Banuhampu. PKL dilaksanakan mulai 26 Februari sampai 17 Maret 2023,” ujarnya saat melakukan pertemuan dengan Bupati Agam, Dr H Andri Warman, di Poltekkes Padang, Kamis (23/2).


Dengan begitu, diharapkannya kebutuhan Poltekkes nanti dapat disinkronkan dengan program Pemkab Agam, dalam pembangunan kesehatan di tengah masyarakat.


“Kita akan ikut sukseskan pembangunan kesehatan yang menjadi target dari Pemkab Agam,” sebutnya.


Hal ini katanya, juga menindak lanjuti mandat dari Kemenkes kepada Poltekkes Padang, untuk sukseskan transformasi kesehatan terutama bidang layanan primer salah satunya penyediaan tenaga kesehatan.


Selain itu, menyukseskan lima program prioritas pemerintah seperti stunting, kesehatan ibu dan anak, penyakit menular dan tidak menular serta TB.


“Mahasiswa kita ini akan turun berikan pencerahan pada masyarakat. Nanti kita juga akan lakukan kerjasama dengan Pemkab Agam,” katanya lagi.


Menyikapi hal itu, Bupati Andri Warman mendukung penuh mahasiswa PKL Poltekes ditempatkan di Kabupaten Agam.


Selain mengaplikasikan ilmu dalam perkuliahan, ini katanya juga sangat membantu Pemkab Agam dalam pembangunan kesehatan di tengah masyarakat.


“Karena dengan mereka turun ke lapangan, bisa berikan pencerahan bagaimana menerapkan pola hidup sehat pada masyarakat,” katanya.


Bahkan katanya, secara langsung juga akan meningkatkan SDM yang menjadi salah satu program prioritas bagi Pemkab Agam.


Pada kesempatan itu, bupati yang akrab disapa AWR beri reward khusus pada seorang dosen Poltekkes Padang. Reward berupa baju merah berlogo Ferrari, yang menjadi ciri khas bupati AWR.


Tidak hanya itu, ia juga berkesempatan beri motivasi bagi 673 mahasiswa yang akan PKL.(*/yanto)