81 Rumah di Batipuh Ateh Menikmati Air Bersih Lewat Program Pamsimas -->

Iklan Atas

81 Rumah di Batipuh Ateh Menikmati Air Bersih Lewat Program Pamsimas

Senin, 20 Februari 2023

Bupati Eka Putra menggunting pita serah terima program Pamsimas, di salah satu rumah warga di Jorong Sawah Diujuang

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Puluhan rumah di Jorong Sawah Diujuang, Nagari Batipuah Ateh, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, akhirnya menikmati air bersih dari Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas). Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM, langsung hadiri acara Serah Terima Program Pamsimas Tahun 2022, di Masjid Nurul Amin Jorong Sawah Diujuang, Senin (20/2/23).


Bupati menyampaikan selamat dan terima kasih, atas telah terlaksananya Program Pamsimas di jorong tersebut dengan baik. "Alhamdulillah, akhirnya penantian masyarakat untuk bisa memiliki air bersih, bisa terealisasi melalui Program Pamsimas ini, semoga bisa memberikan manfaat dan meningkatkan kesehatan masyarakat," katanya. 


Bupati juga menekankan kepada masyarakat Jorong Sawah Diujuang, bahwa setelah memiliki air bersih, tentu saja akan dapat turut mendukung penurunan angka Stunting di Tanah Datar. 


"Salah satu elemen penting dalam menurunkan Stunting adalah ketersediaan air bersih. Alhamdulillah dengan Pamsimas masyarakat kita di sini telah menikmatinya, karena itu biasakan hidup lebih bersih. Buatlah MCK yang lebih refresentatif di rumah masing-masing," pesannya. 


Bupati juga berpesan, agar Program Pamsimas dinikmati dengan sebaik-baiknya, dan berharap masyarakat menjaga fasilitas dengan sebaik-baiknya, sehingga bisa bertahan dan dinikmati lebih lama.


"Terima kasih khususnya kepada BPPW Sumbar dan pihak lainnya. Saya juga mengimbau masyarakat tetap kompak, jangan jadikan fasilitas air bersih ini sebagai cikal bakal perpecahan antar sesama masyarakat," sampainya.


Sementara itu, Perwakilan BPPW Sumbar Resdiston Simatupang mengungkapkan, di Nagari Batipuah Ateh dilaksanakan 2 Program Pamsimas, karena daerah ini memiliki sumber mata air yang sangat memadai. 


"Tentunya, dengan dilaksanakan 2 program ini menjadi berkah bagi masyarakat disini, sehingga diharapkan juga bisa menurunkan angka Stunting di daerah ini. Ini juga didukung karena Pemda Tanah Datar aktif untuk memperoleh program ini dan melaksanakan dengan baik, karena itu Saya sampaikan apresiasi," katanya. 


Peran aktif itu, kata Rediston, pemerintah provinsi khususnya BPPW Sumbar melihat, bahwa itu wujud perhatian Pemkab Tanah Datar terhadap kebutuhan masyarakatnya. "Program Pamsimas sudah semenjak 2008 lalu sampai 2022 dilaksanakan di berbagai wilayah di Kabupaten Tanah Datar. Dan tahun 2022 lalu, Pemkab Tanah Datar menjadi tiga besar, penyumbang terbesar sambungan rumah di Sumbar melalui Pamsimas," sampainya. 


Selanjutnya Pokja PKP Tanah Datar Edi Martasena menyampaikan, pelaksanaan Pamsimas di Jorong Sawah Dijuang, Nagari Batipuah Ateh, dengan dana Rp.400 juta dari bantuan Kementerian. 


"Dengan bantuan tersebut, awalnya diperuntukan untuk 27 rumah, namun karena masyarakat begitu antusias maka secara swadaya masyarakat kemudian meningkat menjadi 64 rumah yang aliri air bersih ini. Dan, setelah selesai masih dengan swadaya lagi bertambah 17 rumah lagi, sehingga total ada lebih kurang 81 rumah sudah menikmati air bersih di sini," sampainya. 


Turut hadir Sekdis PMDPPKB Ronal Satria, Camat Batipuh Abdi Hadifala, Forkopimca Batipuh, jajaran Pemerintah Nagari Batipuah Ateh, Wali Jorong, Anggota dan Pengurus Pokmas Sawah Diujuang, tokoh masyarakat dan undangan lainnya. (F12)