Akibat Ulah KKB, 25 Warga Paro Mengungsi ke Kenyam Papua Pegunungan -->

Iklan Atas

Akibat Ulah KKB, 25 Warga Paro Mengungsi ke Kenyam Papua Pegunungan

Jumat, 10 Februari 2023

 

Sebanyak 25 warga Distrik Paro mengungsi ke Kota Kenyam karena ancaman KKB pimpinan Egianus Kogoya di wilayah tersebut.



TIMIKA  - Sebanyak 25 warga Distrik Paro mengungsi ke Kota Kenyam, Kabupaten Nduga. Mereka mengungsi lantaran ancaman kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di wilayah tersebut. Secara terperinci, para warga yang mengungsi terdiri atas 14 dewasa dan 11 anak-anak.


"Jumlahnya cukup banyak, sudah ada masyarakat di Paro yang meninggalkan rumah," kata Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, Jumat (10/2/2023). Dia mengatakan, Bupati Nduga Namia Gwijangge telah meminta bantuan kepada tim untuk menyelamatkan warga Paro yang mengungsi ke Kota Kenyam. Menurut dia, sejak Jumat pagi sudah ada 25 warga yang dievakuasi ke Kenyam, sebagaimana dikutip iNews.id.


Sementara itu, Papua Brigjen Pol Ramdani Hidayat mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih mendata jumlah total warga yang mengungsi. "Kita lagi mendata jumlah seluruhnya ada berapa, karena pos di Paro dari TNI dan Polri tidak ada," kata Ramdani.


Diketahui, KKB pimpinan Egianus Kogoya diduga membakar pesawat Susi Air jenis Pilatus Porter di Lapangan Terbang Paro, Selasa (7/2/2023). Nasib pilot Susi Air, Kapten Philip M, hingga kini belum diketahui. Sementara lima penumpang pesawat telah berhasil dievakuasi oleh tim gabungan TNI-Polri.


Selain itu, sebanyak 15 pekerja bangunan puskesmas di Distrik Pati, Kabupaten Nduga, Papua, dikabarkan sempat disandera dan diancam KKB. Mereka melarikan diri dan berhasil diselamatkan masyarakat.(*)