Aktivitas Gunung Karangetang Meningkat, Muntahkan Luncuran Lava Pagi Ini -->

Aktivitas Gunung Karangetang Meningkat, Muntahkan Luncuran Lava Pagi Ini

Jumat, 17 Februari 2023

Gunung Karangetang



Sitaro – Pos Pemantau Gunung Api (PGA) Karangetang melaporkan aktivitas Gunung Karangetang masih terus meningkat. Pos mengamati adanya luncuran lava di gunung gunung berketinggian 1.784 mdpl itu


"Aktifitas pagi ini tampak luncuran lava di tandai dengan asap putih agak kecoklatan kelabu tebal di batuawang dan kahetang," kata Kepala PGA Sitaro Yudia P Tatipang, Jumat (17/2/2023).


Sementara itu, visual gunung yang terletak di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) itu terlihat jelas dengan asap kawah bertekanan sedang teramati berwarna putih dengan intensitas sedang dan tinggi 100 m di atas puncak kawah,sebagaimana dikutip Okezone.com.


"Asap kawah II putih sedang 25m guguran ke arah kali batang timbelang dan beha barat 750-1750m guguran ke arah kali batuawang dan kahetang 700-1500m," ujarnya.


Masyarakat serta pengunjung maupun wisatawan dan pendaki tidak diperbolehkan beraktivitas dan mendekati area dalam radius 2,5 km dari kawah Utama serta 3.5 km pada sektor selatan dan tenggara.


Masyarakat di sekitar Gunung Karangetang diharapkan tenang dan tidak terpancing isu-isu tentang erupsi gunung Karangetang, dan agar senantiasa mengikuti arahan dari BPBD Provinsi Sulawesi Utara dan BPBD Kabupaten Sitaro.


"Pada musim hujan masyarakat yang tinggal di sepanjang bantaran sungai yang berhulu dari puncak gunung Karangetang agar mewaspadai bahaya sekunder berupa ancaman aliran lahar," pungkasnya.(*)