Anggota Bamus Nagari Kudu Gantiang Barat Priode 2023-2029 Dilantik, Ini Pesan Kepala DPMD Pd.Pariaman -->

Iklan Atas

Anggota Bamus Nagari Kudu Gantiang Barat Priode 2023-2029 Dilantik, Ini Pesan Kepala DPMD Pd.Pariaman

Jumat, 24 Februari 2023
Anggota Bamus Nagari Kudu Gantiang Barat Kecamatan V Koto Timur, Padang Pariaman usai dilantik berfoto bersama dengan Kepala DPMD, Camat dan tokoh masyarakat lainnya di Aula Kantor Camat setempat, Jum'at 24 Februari 2023 (foto.dok.das)


Kudu - Bupati Padang Pariaman diwakili Camat V Koto Timur Syukur, SE, melantik dan mengukuhkan Anggota Badan Musyawarah (BAMUS) Nagari Kudu Gantiang Barat (NKGB) Kecamatan V Koto Timur priode 2023-2029 di Aula Kantor Camat V Koto Timur, Jum'at (24/02/23)


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Padang Pariaman Dr. Hendri Satria dalam sambutannya menegaskan Bamus harus banyak belajar dan membaca keadaan.


"Karena, saat ini aturan sangat banyak dan cepat berubah dan berbeda dari pada tahun-tahun saisuak. Setidaknya, satu peraturan perundang-undangan, akan bisa berlaku untuk selama 15 - 20 tahun. Tetapi, suatu ketika bisa saja berubah tentang Pemerintahan Nagari. Hal demikian, sesuai tuntutan zaman yang terus berkembang" tegas Hendri.


Ia menyarankan, agar Bamus dengan Pemerintah Nagari harus bersinergi untuk membangun nagari. Apalagi NKGB merupakan nagari pemekaran, tentu butuh terobosan baru untuk memajukan Nagari kedepannya.


Z.Dt.Bandaro Basa mewakili tokoh masyarakat NKGB dalam sambutannya mengatakan, selamat kepada Bamus yang baru dilantik. Juga terima kasih dan apresiasi kepada Bamus yg lama atas pengabdiannya selama periode 2018-2023


"Bamus NKGB yang lama telah berjalan dengan baik dan seiring sejalan bersama Walinagari M.Sayuti. Bahkan, selalu berdialog dan berdiskusi dengan lembaga nagari dan tokoh masyarakat lainnya. Kekompakan dan kebersamaan, sangat perlu dijaga secara baik" tegas Dr.Bandaro Basa.


Ia sebagai Ketua Panitia Pemilihan Anggota Bamus menyampaikan proses dan prosedur yang dijalankan selama seleksi dan pemilihan anggota Bamus pada masing-masing Korong.


"Kesemuanya, telah dilaksanakan sesuai dengan aturan yang ada. Untuk itu, kami mengucapkan terimakasih yang telah memberikan saran dan pendapat pemikiran untuk pembentukan anggota Bamus yang baru ini" ucap Z.Dt.Bandaro Basa.


Anggota Bamus yang dilantik ini, Tabrizal mewakili Sungai Kalu, Wirman, S.Sos utusan Tigo Jerong, Rinaldi mewakili Kolam Janiah, Dasril, S.Hi mewakili rakyat Talau dan Lilis Suryani merupakan utusan perempuan


Usai prosesi pelantikan Bamus baru ini, langsung menggelar sidang pleno 1 dengan agenda Pemilihan Pimpinan Bamus. Dalam sidang pleno perdana sebagai Ketua: Dasril dengan Wakil Ketua Wirman serta Sekretaris Lilis Suryani.


Ketua Bamus NKGB terpilih Dasril ketika menjawab pertanyaan fajarsumbar.com usai pelantikan, mengucapkan terimakasih kepada semua elemen warga masyarakat seperti Ninik Mamak, Alim Ulama, Cerdik Pandai, Pemuda dan Bundo Kanduang yang telah mempercayakan kepada kami mewakilinya untuk duduk di lembaga Bamus.


"Kami sangat butuh dan dukungan dari warga masyarakat, kiranya memberikan informasi dan keterangan untuk kemajuan NKGB kedepannya. Tanpa dukungan rasa kebersamaan dari semua warga, kita tak dapat berbuat apa-apa yang bermitra dengan Wali Nagari Kudu Gantiang Barat" harap Dasril.


Dalam acara pelantikan ini, juga dihadiri Forkopimca, Kepala UPT se-Kecamatan V Koto Timur, Lembaga Nagari, Tokoh masyarakat, Niniak Mamak, Alim Ulama, Ketua Karang Taruna/Pemuda, juga turut hadir Ketua Bamus se Kecamatan V Koto Timur. (saco).