Banjir Pekalongan, Petugas Gabungan Bersihkan Sampah dan Enceng Gondok di Sungai Bremi -->

Iklan Atas

Banjir Pekalongan, Petugas Gabungan Bersihkan Sampah dan Enceng Gondok di Sungai Bremi

Jumat, 24 Februari 2023

 

Personel TNI Koramil 01/Pekalongan Barat membersihkan enceng gondok dan sampah yang menyumbat aliran Sungai Bremi.




Pekalongan – Banjir Pekalongan di wilayah Kecamatan Tirto disebabkan tersumbatnya aliran Sungai Bremi oleh enceng gondok dan sampah. Sebab itu, personel Koramil 01/Pekalongan Barat, BPBD dan warga RT 02/RW 01 kelurahan Tirto kerja bakti membersihkan sampah dan enceng gondok. Danramil 01/Pekalongan Barat Kapten Inf Abdul Mutholib mengatakan, aliran Sungai Bremi merupakan salah satu pembuangan air utama di Kecamatan Tirto.


Oleh karena itu, dia berupaya mengajak semua masyarakat sekitar aliran Sungai Bremi untuk melaksanakan pembersihan sampah dan enceng gondok yang menghambat aliran air sehingga aliran air menjadi lancar,sebagaimana dikutip iNews.id.


“Kita kerahkan personel TNI, BPBD, Kecamatan dan Kelurahan Tirto serta masyarakat semuanya untuk mengangkat sampah dan enceng gondok. Dan saat ini kita lihat aliran air sudah mulai lancar,” ungkap Danramil, Jumat (24/2/2023).


Selain itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat terutama yang dekat dengan aliran Sungai Bremi agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.


“Diharapkan dengan dibersihkannya sampah dan enceng gondok semoga banjir yang sempat melanda cepat surut dan tidak kebanjiran lagi”, ujarnya. Sementara itu, Lurah Tirto Nur Imaniyah mengungkapkan, akibat  terjadinya banjir yang sempat melanda hampir seluruh wilayah Kelurahan Tirto karena terdapat adanya sampah dan enceng gondok yang menyumbat aliran Sungai Bremi.


“Alhamdulillah, terima kasih Pak Danramil dan BPBD sudah mengerahkan pasukannya yang membantu warga kami dalam kerja bakti pembersihan sampah dan enceng gondok sehingga aliran sungai Bremi menjadi lancar,” ujarnya.(*)