Bawaslu Pasaman Adakan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif -->

Iklan Atas

Bawaslu Pasaman Adakan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

Selasa, 14 Februari 2023

 



Pasaman, fajarsumbar.com - Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam  pengawasan penyelenggaraan Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024, Bawaslu Kabupaten Pasaman gelar kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu.


Kegiatan yang di buka oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Pasaman, Rini Juwita, MA , serta penampilan Sanggar Budaya Benteng Murni yang bertema,  Satu Tahun Menuju Pemilu  Tahun 2024 serta Launching  Komunitas Digital Pengawasan Partisipatif "Jarimu Awasi Pemilu", di Aula Emire Hotel, Selasa (14/2/2023).


Ketua Bawaslu Kabupaten Pasaman, Rini Juwita, MA menyampaikan, satu tahun menjelang hari pemungutan suara tanggal 14 Febuari 2024, Bawaslu mematangkan langkah - langkah dalam mengoptimalkan pengawasan pemilu dari berbagai aspek.


" Berbagai aspek yang di lakukan Bawaslu merupakan ikhtiar sebagai upaya menjaga kualitas demokrasi melalui pemilu berjalan Luber dan Jurdil," ujar Rini Juwita.


Rini juga mengatakan dari aspek pengawasan, Bawaslu perlu melakukan tindakan pengawasan mulai dari persiapan hingga pelaksanaan setiap tahapan pemilu.


"Bawaslu dalam melakukan pengawasannya, telah  menyusun pedoman dan alat kerja pengawasan yang menjadi acuan kerja pengawasan pemilu,di setiap tingkatan,  dari mulai level desa hingga nasional sebagai pedoman dalam tindakan pengawasan pendaftaran pemilih," ungkapnya.


Kemudian, dari aspek pencegahan, Bawaslu perlu tindakan pencegahan untuk meminimalisasi munculnya pelanggaran pemilu.


"Hal ini penting dilakukan sebagai upaya mencegah pelanggaran pemilu sejak dari hulu. Dalam rangka optimalisasi tindakan pencegahan, Bawaslu membangun sistem laporan hasil yang tersinkronisasi  dari setiap tingkatan," tuturnya.


Selanjutnya, dari aspek hubungan antar lembaga, Bawaslu perlu menjalin kerjasama dari berbagai lembaga yang berhubungan langsung maupun tidak langsung dalam penyelenggaraan pemilu.


Dari aspek hubungan masyarakat, Bawaslu perlu menyebarluaskan agenda, pelaksanaan, dan dari hasil pengawasan pemilu kepada masyarakat melalui distribusi informasi, diharapkan dapat meningkatkan citra lembaga dan kesadaran politik masyarakat.


Rini juga meneruskan, dari berbagai aspek kesiapan Bawaslu sebagai mana telah di uraikan, merupakan hal - hal yang perlu mendapatkan dukungan dari berbagai elemen.


Baik didukung pemerintah, DPR, penyelenggara pemilu KPU dan DKPP, lembaga tinggi negara, lembaga - lembaga negara, ormas, dan stakeholder lainnya sebagai suksesnya Pemilu 2024," ungkapnya.


Untuk Pemateri dalam sosialisasi pengawasan pemilu 2024 tersebut, Kejari Pasaman, Zulfahmi, SH, MH, Kordiv HPPH, Bawaslu Pasaman, Mesrawati SE, Kordiv PPPS, Bawaslu Pasaman,  Kristian SPdi dan Kapolres Pasaman, AKBP Yudho Huntoro, S.I.K, M.I.K.


Turut di hadiri Bupati Pasaman, Forkompinda Kabupaten Pasaman dan Stakeholder terkait. (Naldi)