Benny Dollo Mantan Pelatih Timnas Indonesia Berpulang -->

Iklan Atas

Benny Dollo Mantan Pelatih Timnas Indonesia Berpulang

Kamis, 02 Februari 2023
Benny Dollo


Jakarta - Innalillahi wainnaillahi rajiun. Mantan pelatih Timnas Indonesia Benny Dollo (Bendol) meninggal dunia dalam usia 72 pada Rabu (1/2).  Kabar duka itu disampaikan eks gelandang Indonesia Firman Utina.


Firman Utina memberikan kabar Benny Dollo meninggal lewat unggahan pada Instagram. Dalam unggahan itu Firman memajang foto bersama Benny Dollo tengah memegang trofi Copa Dji Sam Soe.


"Selamat jalan om Beni Dollo," tulis Firman Utina disertai emoji menangis dan minta maaf.


Sebelumnya pada Juli 2022 Benny Dollo dilaporkan mendapat perawatan intensif di RSUD Tangerang Selatan.


Selain mengidap Covid-19, pelatih yang akrab disapa Bendol itu memiliki sejumlah keluhan, mulai dari sesak napas hingga fisik menurun.


Pelatih kelahiran Manado tersebut sejak lama diketahui jatuh sakit. Ketika masih melatih Sriwijaya FC, Bendol mengalami tumor usus.


Akibat sakit tumor itu berat badan Benny Dollo ikut menurun drastis. Bendol pun sempat berpikir tidak bisa lagi aktif dalam sepak bola karena penyakit tersebut.


"Berat badan sempat turun dari 80 kilogram sampai 54 kilogram, tapi sekarang sudah naik lagi jadi 64 kilogram," ujar Bendol sebagaimana dikutip cnnindonesia.com, pada 2018 silam.


Selama meniti karier kepelatihan Benny Dollo kerap menangani sejumlah klub-klub besar, seperti Arema, Sriwijaya FC, hingga Persija Jakarta.


Pelatih yang juga pernah menangani Persita Tangerang itu memiliki rekam jejak bersama Timnas Indonesia. Selain pada 2000-2001, bendol juga jadi pelatih Tim Merah Putih pada 2008.


Ketika itu Benny Dollo membawa Timnas Indonesia menjuarai Piala Kemerdekaan 2008 usai mengalahkan Libya yang mengundurkan diri pada laga final. (*)