Berita Hoak Papua Bergejolak, 15 bangunan Dibakar -->

Iklan Atas

Berita Hoak Papua Bergejolak, 15 bangunan Dibakar

Sabtu, 25 Februari 2023


ilustrasi


Wawena - Berita hoak (belum tentu kejelasannya) memicu gejolak di Wawena, Papua, Jumat (24/2/2023). Sedikitnya 8 orang tewas dan 18 polisi luka-luka.


Berita hoak tentang penculikan anak di bawah umur, sehingga terjadi gejolak di daerah tersebut. Kepolisian Daerah Papua pun mengirim satu kompi personel Brimob untuk memulihkan keamanan di sana.

 

Hoaks penculikan anak di bawah umur itu memicu kerusuhan yang pecah kemarin. Kepolisian Resor Jayawijaya berusaha menghentikan tindakan main hakim sendiri warga, tetapi situasi justru berbalik.


"Insiden itu sebenarnya mau diselesaikan di Polres Jayawijaya, namun ada yang memprovokasi sehingga terjadi kericuhan," kata Kapolda Papua Inspektur Jenderal Polisi Mathius Fakhiri.


Dikutip indozone.id, menyebutkan kerusuhan itu, ada 10 orang meninggal dunia dan 41 orang mengalami luka-luka, termasuk 18 aparat keamanan, serta 15 bangunan dibakar massa.


"Saya turut berdukacita atas jatuhnya korban yang cukup banyak akibat kerusuhan di Wamena," kata Irjen Fakhiri.


Kapolda Papua berharap insiden di Sinakma, Distrik Wamena, menjadi pembelajaran bagi masyarakat Papua agar tidak terjadi peristiwa yang sama pada masa mendatang.


"Saya menyampaikan permohonan maaf dan turut berduka cita. Dari laporan yang saya diterima, saat ini situasi di Wamena sudah terkendali dan berangsur-angsur kondusif. Forkopimda telah mengambil langkah bersama agar terciptanya situasi yang kondusif dan berkomunikasi dengan tokoh masyarakat setempat," ungkap Kapolda. (*)