Bulan K3 Nasional, PLN UP3 Payakumbuh Gelar Berbagai Kegiatan -->

Iklan Atas

Bulan K3 Nasional, PLN UP3 Payakumbuh Gelar Berbagai Kegiatan

Senin, 06 Februari 2023
.

Payakumbuh, FajarSumbar.Com - Sukseskan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 Januari sampai dengan 12 Februari, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Payakumbuh gelar berbagai kegiatan. Diantaranya berupa sosialisasi K2, sosialisasi K3, simulasi tanggap darurat, hingga kompetisi K3.


Wilsriza, Manager PLN UP3 Payakumbuh menyampaikan, pemahaman dan kesadaran seluruh pihak untuk membangun budaya K3 akan berdampak pada keselamatan bersama dan secara tidak langsung menyebabkan iklim ketenagalistrikan yang unggul.


‘’Ketenagalistrikan tidak hanya butuh regulasi, tidak hanya tentang keandalan, pelayanan pelanggan, dan regulasi bisnis. Tetapi juga tentang rasa aman dan jaminan keselamatan. Disinilah pentingnya budaya K3. Dengan momen Bulan K3 Nasional, kami mengajak keluarga besar PLN UP3 Payakumbuh dan stakeholder untuk semakin paham dan peduli dengan K2 dan K3,’’ sampai Wilsriza kemudian. 


Sebelumnya, manajemen PLN UP3 Payakumbuh berikan edukasi Keselamatan Ketenagalistrikan (K2) kepada Seluruh aparat pemerintahan di Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kamis (26/01) lalu. Sedikitnya 60 orang peserta berkumpul di Gedung Pertemuan Camat Pangkalan Koto Baru, menyimak edukasi K2 untuk masyarakat umum dari PLN. 


Gusni Hendrix, Camat Pangkalan pada sambutannya menyampaikan, listrik berperan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. ‘’Mengingat pentingnya listrik, maka edukasi K2 ini tentung juga penting agar kita semakin mengenal dan memahami penggunaan lsitrik yang benar dan hal-hal yang perlu dihindari atau diwaspadai demi keselamatan bersama,’’ sampainya.


Kepada pegawai di lingkungan kerjanya, Kamis (02/02) lalu PLN UP3 Payakumbuh juga gelar Sosialisasi dan Simulasi Pemadaman Kebakaran (Damkar). Sosialisasi disampaikan langsung oleh Budy Kurniawan, Kabid Dinas Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh.  


Pada sosialisanya, Budy menyampaikan tentang bahaya kebakaran dan cara penanganan kebakatan, baik penanganan dengan menggunakan Alat Pemadam Tradisional seperti karung goni dan pasir, hingga menggunakan APAR. Sosialisasi dilanjutkan dengan simulasi kebakaran di halaman parkir PLN UP3 Payakumbuh.


Disampaikan Wisriza, sosialisasi dan simulasi tersebut merupakan kerjasama PLN dan Dinas Damkar Kota Payakumbuh untuk peningkatan pengetahuan pegawai instansi pemerintahan. Kegiatan yang dihadiri oleh hampir seluruh pegawai PLN UP3 Payakumbuh dan Tenaga Ahli Daya (TAD) tersebut harapannya dapat meningkatkan pengetahuan dan tindak cepat evakuasi penyelamatan jika terjadi situasi darurat kebakaran yang tidak diinginkan.(*)