Bupati Hadiri Khatam Al-Quran TPA Darussalam Nagari Balimbing -->

Iklan Atas

Bupati Hadiri Khatam Al-Quran TPA Darussalam Nagari Balimbing

Kamis, 16 Februari 2023

Bupati hadiri Khatam Al-Quran TPA Darussalam Jorong Sawah Kareh Nagari Balimbing

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Sebanyak 12 santri dan santriwati TPA Darussalam, Jorong Sawah Kareh, Nagari Balimbing Kecamatan Rambatan, telah berhasil menamatkan bacaan Al-Quran dan ikuti prosesi perayaan Khatam Al-Quran, yang digelar di Masjid Nurul Iman, Jorong Sawah Kareh, Rabu (15/2/23). 


Bupati Tanah Datar Eka Putra yang berkesempatan hadir pada acara tersebut, menyampaikan bahwa keberhasilan para santri dan santriwati TPA Darussalam ini tidak terlepas dari doa dan dukungan orang tuanya. 


Untuk itu, Bupati mendorong para santri dan santriwati untuk tidak berhenti membaca Al-Quran sampai disini. Ini adalah awal bagi anak-anak untuk mempelajari dan memperdalam isi dari kandungan Al-Quran, dan juga menghafalnya. 


"Dan ini sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Tanah Datar yakni, Satu Rumah Satu Hafizh/zhah yang bertujuan untuk mewujudkan Tanah Datar Madani, yang berlandaskan falsafah Adat Basandi Syara' dan Syara' Basandi Kitabullah," ujar Eka Putra. 


Dikatakannya, Nagari Balimbing merupakan nagari contoh di Kabupaten Tanah Datar, karena merupakan satu-satunya Nagari Tahfidz. "Saya berharap dengan dikhatamnya 12 anak hari ini akan terus menambah jumlah para penghafal Al-Quran di Tanah Datar khususnya di nagari Balimbing ini," kata Bupati. 


Diakhir penyampaiannya, Bupati Eka juga tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih, kepada para guru TPA yang telah berhasil membimbing dan mendidik para santri. "Harapan Saya, kepada para guru TPA tetaplah semangat mendidik anak-anak kita, untuk membaca dan menghafal Al-Qur'an," pungkasnya. 


Pada kesempatan itu juga hadir Kepala Dinas Kominfo Yusrizal, Kabag Prokopim Dedi Tri Widono, Camat Rambatan Roza Melfita beserta Forkopimca, KUA Rambatan, Seknag Balimbing beserta lembaga unsur di nagari, angku-angku, niniak mamak, cadiak pandai, tokoh masyarakat, pemuda dan undangan lainnya. (F12)