Bupati Tanah Datar Buka Forum Konsultasi Publik -->

Iklan Atas

Bupati Tanah Datar Buka Forum Konsultasi Publik

Selasa, 07 Februari 2023

Suasana Rapat Forum Konsultasi Publik Tanah Datar

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Bupati Tanah Datar Eka Putra membuka Forum Konsultasi Publik, dalam rangka Penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Tanah Datar Tahun 2024, yang melibatkan Kepala OPD dan pemangku kepentingan, serta beberapa tokoh nasional, di Aula Kantor Bupati di Pagaruyung, Selasa (7/2/23). 


"Forum ini sebuah langkah strategis, karena akan menentukan program dan kegiatan tahun depan, yang harus disusun secara tepat dan benar. Dimana ditengah keterbatasan sumber pendapatan daerah, maka perlu dilahirkan perencanaan secara efektif, efesien dalam merealisasikan visi dan misi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tanah Datar," sampai Bupati. 


Dikatakan Bupati, kegiatan ini merupakan Forum strategis bagi seluruh pemangku kepentingan pembangunan, sebagai wadah untuk duduk bersama, berdiskusi, merumuskan, dan membahas isu-isu aktual.


"Apa yang menjadi pembahasan dalam forum ini, akan mampu melahirkan program prioritas pembangunan daerah, yang nantinya dituangkan dalam berita acara, serta menjadi bahan perbaikan dalam menyusun rancangan awal RKPD tahun 2024. Bahkan forum ini merupakan tahap penting sebelum dilaksanakannya Musrenbang Kecamatan dan Musrenbang Kabupaten," kata Eka Putra.


Kemudian, tambah Eka, dalam merumuskan tema Rencana Pembangunan Kabupaten Tanah Datar tahun 2024, harus diselaraskan dengan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Pusat, RKPD Provinsi Sumbar dan arah kebijakan RPJMD Kabupaten Tanah Datar Tahun 2021-2026.


"Karena itu, untuk Perencanaan Pembangunan Kabupaten Tanah Datar Tahun 2024, telah dirumuskan tema yaitu Peningkatan Perekonomian Daerah dan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Program Unggulan Daerah," ujar Eka.


Kemudian Bupati Eka juga menyampaikan, beberapa poin penting untuk menjadi perhatian bagi OPD ataupun instansi terkait lainnya. "OPD juga harus menyusun langkah-langkah untuk peningkatan pendapatan daerah dengan menemukan sumber-sumber pendapatan baru, baik dari pusat, provinsi, maupun dari para investor dan perantau," pungkasnya. 


Sementara itu tokoh nasional yang juga berasal dari Tanah Datar Prof. fasli Jalal dan Prof. Raudha Thaib menyampaikan berbagai pandangannya dan juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar karena telah mampu lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. "Kami terus memantau dan memperhatikan perkembangan ranah, dan Alhamdulillah terjadi peningkatan cukup baik di kampung halaman," katanya.


Sedangkan, Wakil Ketua DPRD Saidani mewakilii DPRD Tanah Datar, menyampaikan berbagai pandangannya kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, terkait berbagai rencana program yang disusun dan akan dilaksanakan. Dalam penyusunan program dan kegiatan tetap memperhatikan keseimbangan, antara progam pembangunan fisik dengan program pengembangan SDM nya. 


Sebelumnya, Panitia Pelaksana Sekretaris Bappeda dan Litbang Adriyanti Rustam menyampaikan, Forum Konsultasi Publik dimaksudkan untuk menyampaikan program prioritas pembangunan dan tema pembangunan, sebagai salah satu panduan dalam menyamakan persepsi dan pemahaman, tentang pedoman pembangunan tahun 2024. (F12)