Bus Rombongan Study Tour Kecelakaan di Jalan Daendels Purworejo, 1 Orang Tewas Belasan Luka -->

Iklan Atas

Bus Rombongan Study Tour Kecelakaan di Jalan Daendels Purworejo, 1 Orang Tewas Belasan Luka

Senin, 13 Februari 2023

Bus rombongan siswa dan guru SMPN 3 Garut terguling dalam kecelakaan di Purworejo, Jawa Tengah, Minggu (12/2/2023) malam.


Purworejo – Kecelakaan maut terjadi di Jalan Daendels tepatnya di depan Rest Area Pejagran, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo, Minggu (12/2/2023) malam. Kecelakaan melibatkan bus pariwisata dengan sepeda motor Honda Trul CRF dan Supra AA.


Akibat kecelakaan tersebut, satu orang dilaporkan meninggal dunia dan belasan lainnya luka-luka. Menurut Kanit Gakkum Satlantas Polres Purworejo, Iptu Eko Rosdianto, bus pariwisata yang terlibat kecelakaan membawa rombongan siswa SMPN 3 Garut usai study tour di Yogyakarta, sebagaimana dikutip iNews.id.



"Semula bus rombongan anak SMP 3 Garut datang dari arah Yogyakarta menuju Garut,” ungkap Iptu Eko, Minggu (12/2) malam.


“Saat di lokasi, bus bermaksud mendahului mobil di depannya. Ternyata dari arah berlawanan ada dua sepeda motor. Bus coba mengerem namun tidak sampai dan akhirnya jatuh menimpa kedua sepeda motor," katanya.


Sementara, berdasarkan informasi yang dihimpun, bus ini mengalami kecelakaan saat mengantar rombongan pulang ke Garut usai melakukan kegiatan study tour di Yogyakarta. 


Video kecelakaan yang menimpa rombongan SMPN 3 Garut ini viral di media sosial Instagram. Dalam tayangan video, tampak bus telah terguling disertai kerumunan orang. 


Dari video itu juga, terlihat sanduk bertuliskan "SMPN 3 Garut To Jogjakarta" terpasang di bagian depan bus. Di spanduk itu juga tertulis "Bus 2".


Informasi kabar kecelakaan itu dibenarkan Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kabupaten Garut Yudi Nurcahyadi. Ia mengaku mendapatkan informasi kecelakaan ini dari pihak Organda DIY Yogyakarta. 


"Saya mendapatkan informasi dari Pengurus Organda DIY terkait kecelakaan yang menimpa bus pembawa rombongan dari SMPN 3 Garut di daerah Purwerejo, Jawa Tengah," ujar Yudi Nurcahyadi, Minggu (12/2) malam.


Menurut informasi yang dia dapat, kecelakaan terjadi karena sopir bus menghindari sepeda motor yang menyalip bus. Sopir terpaksa membanting stir ke arah kiri sehingga bus tak bisa dikendalikan dan akhirnya terguling.


"Terjadi pukul 20.47 WIB. Saat itu rombongan hendak kembali ke Garut setelah melakukan study tour dari kawasan Yogyakarta," ujarnya. (*)