Camat Rambatan Bertindak Sebagai Pembina Apel Kesiapan Pantarlih -->

Iklan Atas

Camat Rambatan Bertindak Sebagai Pembina Apel Kesiapan Pantarlih

Minggu, 12 Februari 2023

Camat Rambatan Roza Melfita memimpin Apel Kesiapan Pantarlih, di halaman kantor Camat tersebut, Minggu (12/2) 

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Sebanyak 116 orang Petugas Coklit (Pencocokan dan Penelitian) dari Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih), dari 5 Nagari se-Kecamatan Rambatan, mengikuti giat Apel Kesiapan Pantarlih, yang diselenggarakan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Rambatan, di halaman Kantor Camat Rambatan, Minggu (12/2/23).


Camat Rambatan Roza Melfita, S.STP, sebagai Pembina Apel, menyampaikan pesan-pesan moral dan dukungan, agar Pantarlih dapat bekerja dengan seefektif dan seefisien mungkin. Di samping itu beliau juga membacakan amanat KPU RI terkait pelaksanaan pemutakhiran. 


Camat Roza katakan, Apel Pantarlih yang dilakukan secara serentak di wilayah kerja KPU Kabupaten Tanah Datar tersebut, menjadi awal dimulainya Pencoklitan, yang merupakan salah satu tahapan penyusunan Daftar Pemilih pada penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 nanti. 


"Selama sebulan kedepan, terhitung sejak 12 Februari hingga 14 Maret mendatang, seluruh Pantarlih akan mendatangi setiap rumah untuk mencocokkan data pemilih tersebut, dimana data yang dicoklit akan diuji dengan kondisi faktual di lapangan," sampainya. 


Roza tambahkan, dalam hal Pencoklitan dengan berbagai kondisi, tentunya menjadikan daftar pemilih bergeser dari Pemilu yang lalu ke sekarang. Oleh sebab itu, maka harus dipastikan bahwa Daftar Pemilih Tetap (DPT) tahun 2024 nanti, benar-benar memiliki tingkat akurasi yang tinggi. 


"Dalam hal ini, seluruh lapisan masyarakat diminta untuk proaktif, serta memfasilitasi petugas yang akan berkunjung, sehingga hak pilih masyarakat tersebut terjaga nantinya," tukas Roza Melfita. 


Turut hadir, Forkopimca, Wali Nagari se-Kecamatan Rambatan, PPK beserta jajaran, Ketua Panwascam bersama PKD, PPS beserta jajaran. (F12)