Cara Preventif Tak Mempan, Bentrok Antarkelompok di Bima Bakal Ditindak Tegas -->

Iklan Atas

Cara Preventif Tak Mempan, Bentrok Antarkelompok di Bima Bakal Ditindak Tegas

Kamis, 23 Februari 2023

 

Cara Preventif Tak Mempan, Bentrok Antarkelompok di Bima Bakal Ditindak Tegas.




Kota Bima  - Bentrok antarkelompok di Penatoi-Penaraga, Bima Kota kembali terjadi. Padahal sebelumnya aparat sudah mengambil langkah preventif agar bentrokan tidak terjadi lagi. 


Bentrok terakhir pada Selasa (21/2/2023) bahkan mengakibatkan personel Polres Bima Kota terkena panah di kakinya. Korban pun dilarikan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bima dan harus dioperasi, guna mengeluarkan panah yang menancap.


Kapolres Bima Kota AKBP Rohadi, bahkan langsung menghalau dan meredam situasi agar kembali kondusif. Bahkan pasca bentrok antara dua kelompok warga Penatoi-Penaraga, Walikota Bima HM Lutfi ikut turun guna meredam situasi. Sebelumnya petugas juga sudah melakukan upaya preventif itu. Baik turun langsung saat Jumat Curhat di wilayah Kelurahan Penaraga dan Kelurahan Penatoi,sebagaimana dikutip iNews.id.


Bahkan, saat bentrok sebelumnya, kedua belah pihak telah dilakukan upaya islah oleh Polres Bima Kota bersama Pemkot Bima yang berlangsung di Kantor Kesbangpol. Hasilnya dua kubu yang bertikai sepakat berdamai. 


Sayangnya, upaya itu sepertinya sama sekali tidak diindahkan antara dua kelompok warga. Tidak ingin bentrok terus menerus terjadi dan berkembang hingga banyak jatuh korban, apalagi sebelumnya sering Kapolres Bima Kota secara tegas, mengambil sikap penegakan hukum.


"Bentuknya, mencari dan menangkap para pelaku bentrok berikut biangnya," katanya dikutip dari Polda NTB, Kamis (23/2/2023). Dipimpin langsung Kasat Reskrim Iptu M Rayendra RAP dan Kasat Narkoba AKP Tamrin dengan beranggotakan Tim Opsnal Sat Reskrim dan Tim Opsnal Sat Narkoba serta personel Polres Bima Kota lainnya, langsung menyisir wilayah dua kelurahan.


“Penegakan hukum dan tindakan tegas, menjadi alternatif terakhir yang kami lakukan. Setelah upaya preventif tidak diindahkan. Tentu ini agar semuanya menjadi aman dan kondusif,” katanya. Saat masuk di wilayah Kelurahan Penaraga, saat bersaman pula masuk di wilayah Kelurahan Penatoi, Tim gabungan Polres Bima Kota, berhasil mengamankan sejumlah terduga pelaku yang terlibat saat bentrok Selasa. 


Sejumlah terduga lain pun masuk dalam bidikan Tim Gabungan Polres Bima Kota, sesuai pengembangan. "Mereka yang diamankan yang terlibat dalam aksi bentrok, baik yang menggunakan panah dan sebagainya serta yang melakukan pengerusakan," ucapnya.(*)