Dibuka Kepala Kankemenag, 226 Siswa Ikut Festival Sains di MAN Lima Puluh Kota -->

Dibuka Kepala Kankemenag, 226 Siswa Ikut Festival Sains di MAN Lima Puluh Kota

Kamis, 09 Februari 2023
H. Irwan


Sarilamak, fajarsumbar.com -- Kampus megah MAN Lima Puluh Kota yang berdiri di lingkungan asri Padang Japang, Kamis (09/02/2023) buncah oleh ratusan peserta kegiatan Festival Sains MAN Lima Puluh Kota tahun 2023. 


Kegiatan strategis tersebut diikuti oleh 226 peserta didik dari MTs/SMP se-Kabupaten Lima Puluh Kota yang berlomba pada lima bidang studi dan festival Rangking Satu. Acara pembukaan dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Lima Puluh Kota, Kasi Pendidikan Madrasah, Kepala KUA Kecamatan Guguak, Kepala Madrasah se-Kabupaten Lima Puluh Kota, Komite Madrasah serta tamu undangan lainya.


H.Irwan Kakan Kemenag Lima Puluh Kota dalam sambutanya mengulas, “MAN Lima Puluh Kota yang dulunya dikenal sebagai MAN Padang Japang memiliki sejarah pajang dalam mempertahankan serta mengisi kemerdekaan bangsa sekaligus merupakan lokomotif perjuangan Islam di Indonesia khusunya di Sumatera Barat. “Kampus ini lahir dari rahim Ponpes Darul Funun yang sudah ada semenjak tahun 1854 dipelopori oleh Syekh Adbullah Dt Jabok, kemudian di kembangkan oleh putranya Syech Abbas Abdullah. Sejarah ini penting bagi generasi hari ini, agar  tumbuh dan berkembang dengan belajar dari sejarah masa lalu.”jelas Kakan Kemenag.


Lebih lanjut dijelaskan Kakan Kemenag,”Pengelolan pendidikan secara umum saat ini dihadapkan pada perubahan zaman yang begitu cepat, dunia sudah berada pada tatanan era revolusi industri 4.0 yang salah satu cirinya bergulirnya proses digitalisasi dengan dukungan big data. Oleh sebab itu saya berharap kedepanya Madrasah dapat meresepon perubahan zaman tersebut dengan melahirkan inovasi pembejalaran yang sesuai dengan kebutuhan masa depan.”harapnya.


Terkait dengan ajang Festival Sains MAN Lima Puluh Kota Kakan Kemenag mengingatkan seluruh peserta,”Kegiatan hari ini tidak hanya sebatas ajang kompetisi meraih juara, kegiatan ini juga merupakan wadah silaturrahmi bagi seluruh peserta yang terlibat, untuk membangun jaringan persahabatan yang akan bermanfaat pada masa yang akan datang, oleh sebab itu saya berharap setelah kegiatan ini tumbuh rajutan persahabatan antar peserta yang datang dari berbagai satuan pendidikan. “terang H.Irwan.


“Bagi yang berhasil menjadi juara, jangan berpuas diri untuk terus mengasah dan meningkatkan kemampuan sehingga dapat suskses pada level yang lebih tinggi, bagi yang belum berhasil hari ini, mari jadikan campuk untuk memacu diri agar terus berkembang dan dapat berprestasi pada momentum yang lain, tidak ada ruang putus asa bagi generasi hebat Lima Puluh Kota, selamat berjuang semoga menjadi yang terbaik.”pungkas alumi UIN Imam Bonjol ini.


Selanjutnya Kakan Kemenag Lima Puluh Kota didampingi tamu undangan lainya melepas balon sebagai tanta dimulainya secara resmi kegiatan Festival Sains MAN Lima Puluh Kota Tahun 2023. (ul)