Diguyur Hujan Deras, Tanah Gerak dan Longsor Terjang Permukiman Desa Cilumping Cilacap -->

Iklan Atas

Diguyur Hujan Deras, Tanah Gerak dan Longsor Terjang Permukiman Desa Cilumping Cilacap

Kamis, 23 Februari 2023

Bencana tanah gerak dan longsor terjadi di Desa Cilumping, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, Kamis (23/2/2023) dini hari.



Cilacap– Bencana tanah gerak dan longsor terjadi di Desa Cilumping, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, Kamis (23/2/2023) dini hari. Hujan deras sejak Rabu (22/2) sore hingga Kamis dini hari mengakibatkan tanah longsor di sekitar permukiman warga. 


Lima rumah warga di Dusun Cigerang terancam amblas lantaran fondasi rumah yang longsor. Di sekitar permukiman warga kini terdapat retakan ratakan tanah dengan panjang mencapai 50 meter yang mengancam perumahan warga yang berada di bawah bukit,sebagaimana dikutip iNews.id.


Bahkan kondisi tanah di sekitar rumah warga telah retak dan longsor akibat derasnya aliran air hujan yang melintas di perbukitan. “Sejak kamis pagi sejumlah warga yang terdampak memilih mengungsi ke tempat yang aman. Kami kawatir jika terjadi longsor susulan yang merobohkan rumah,” ujar Daryono.


Tim gabungan TNI-Polri serta dan BPBD Kabupaten Cilacap kini bersiaga di sekitar lokasi tanah longsor untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan.


“Kami mengimbau warga untuk waspada dan bersiap mengungsi bila terjadi pergerakan tanah saat hujan deras di wilayah ini,” kata Kapolsek Dayeuhluhur, AKP Widiyantoro. Tak hanya mengakibatkan tanah longsor di pemukiman warga, hujan deras juga mengakibatkan jalan penghubung antar kabupaten tergerus longsor.


Bahu jalan penghubung Kabupaten Cilacap ke Kabupaten Kuningan Jawa Barat tergerus longsor hingga menyisakan separuh bahu jalan. Jalur yang mengalami longsor membahayakan pengendara, sehingga arus lalu lintas di berlakukan sistim buka tutup. Tidak ada korban jiwa dalam musibah tanah longsor ini.(*)