Dua Bulan Berjalan, Basunting Mulai Berhasil -->

Iklan Atas

Dua Bulan Berjalan, Basunting Mulai Berhasil

Kamis, 16 Februari 2023

 

Penyerahan bantuan makanan bergizi program percepatan penurunan stunting di Padang Panjang.


Padang Panjang, fajarsumbar.com  - Program Bapak dan Ibu Asuh Anak Stunting (Basunting) yang diluncurkan 9 Desember 2022 kini terus berjalan dan telah mulai menunjukkan hasil positif.


"Hingga saat ini telah disalurkan bantuan pangan sehat bergizi bagi baduta (anak di bawah usia dua tahun) stunted di Kota Padang Panjang senilai Rp84.158.000 dari program Basunting," kata Kabid Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) DSPPKBPPPA, Netti Herawati, S.H, Rabu (15/2).


Berkat aksi nyata gerakan gotong royong Basunting semua elemen di Padang Panjang dalam percepatan penurunan stunting yang menyasar langsung keluarga berisiko stunting ini, mulai membuahkan hasil.


"Berdasarkan data Prevalensi Balita Stunted SSGI, untuk Padang Panjang saat ini mengalami penurunan signifikan (penurunan di atas rata-rata nasional) dari 20 menjadi 16,8 persen atau turun 3,2 persen," jelasnya.


Selain itu, tambahnya, sebagai contoh, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang menjadi Basunting untuk baduta stunted di Kelurahan Balai Balai.


"Berdasarkan wawancara lurah dengan orang tua anak bersama pendamping KB dan Bidan Poskeskel serta Ketua TP-PKK kelurahan tersebut, alhamdulillah anak tersebut dari sisi berat badan mengalami kenaikan 5-6 Ons dalam kurun waktu satu bulan terakhir dan terjadi kenaikan tinggi badan," katanya.


Kendati demikian, program Basunting terus digiatkan. Pihaknya berharap upaya bersama ini dapat terus menekan angka stunting di Kota Padang Panjang.


"Kemarin disalurkan kembali Basunting dari BPKD untuk empat baduta di Kelurahan Sigando. Hari ini juga disalurkan lagi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk tiga orang anak di Kelurahan Balai-Balai dengan jumlah Rp5.250.000 untuk lima bulan ke depan," terangnya. (syam)