SMAN 5 Solsel 'Baralek Gadang' Dua Siswa 'Menuju Pelaminan' -->

Iklan Atas

SMAN 5 Solsel 'Baralek Gadang' Dua Siswa 'Menuju Pelaminan'

Kamis, 23 Februari 2023

Usai manjalang Mintuo, anak daro jo Marapulai lakukan foto bersama dengan pihak sekolah



Solsel, fajarsumbar.com - Dua siswa SMAN 5 Solok Selatan 'menuju pelaminan' pihak sekolah lakukan prosesi peresmian kedua mempelai di sekolah. Siswa menyaksikan prosesi yang sudah disediakan pihak sekolah. 


Pihak sekolah harus melakukan prosesi hajatan ini, karena sekolah memiliki program pelajaran baru yaitu kurikulum Mardeka Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) salah satunya adalah prosesi Manjalang Mintuo dan malapeh Marapulai. 


Sekolah Menengah  Atas Negeri (SMAN) 5 Solok Selatan (Solsel) baralek gadang, ratusan siswa siswi sekolah itu ditata dengan berpakaian adat, mereka menggelar acara adat Manjalang Mintuo dan Malapeh Marapulai 


Kegiatan ini digelar bertujuan agar kegiatan adat istiadat khusus perhelatan (Kenduri) tidak terlupakan oleh generasi muda dan kegiatan ini masuk dalam agenda kurikulum Mardeka Projek Penguatan Propil Pelajar Pancasila. 


Hal itu dikatakan Kepala SMAN 5 Solok Selatan Zulieni saat membuka acara di ruang pentas seni, Kamis 23 Februari 2023. 


Kepala sekolah yang didampingi Koordinator Wakil Kurikulum Jeni Rofita menambahkan, kegiatan ini sudah berkoordinasi dengan semua pihak, termasuk komite dan ninik mamak di kecamatan Koto Parik Gadang Diateh. 


Untuk acara manjalang mintuo dan malapeh marapulai ini dikhususkan bagi siswa kelas X atau kelas vase, E, dari enam lokal lalu satu lokal lagi menunggu marapulai.  Kemudian untuk kelas Vase, E, mereka juga menggelar makan bersama atau makan bajamba. 


Untuk anak daro dan marapulai dipercayakan kepada. Serli Nofrianti kelas X Vase, E 6, marapulai oleh Muhamad Hafiz kelas X Vase, E 5.


Diakui kegiatan ini baru pertama kali digelar di sekolah dan kegiatan ini merupakan kurikulum baru, kurikulum Mardeka dengan tujuan agar kearifan lokal adat istiadat prosesi perkawinan bisa dipahami oleh anak anak sekolah, mereka juga nanti akan menuju ke sana. 


Zulieni juga mengatakan, siswa sekarang dalam proses Belajar Mengajar PBM sangat tinggi dan yang lebih mereka sukai adalah kegiatsn pengembangan diri seperti acara eksrakulikuker, menurut mereka belajar itu adalah pengembangan pengetahuan dan ilmu. "Pengembangan diri ini sangat penting bagi mereka," ucap kepsek. 


.


Semua peserta dikumpulkan di lapangan bola kaki Nagari Pakan Rabaa, lalu mereka berjalan bersama sama menuju rumah Mintuo, sebelum sampai dirumah Mintuo dilakukan penyambutan dengan tari tarian Minang, setelah itu rombongan menuju rumah Mintuo yang telah ditunggu oleh keluarga Mintuo. 


Setelah acara manjalang Mintuo, malamnya dilakukan juga acara Maantan Marapulai dengan prosesinya ditunggu oleh keluarga penganten, semua ini baik Penganten maupun Marapulai diperankan oleh siswa SMAN 5 Solok Selatan. 


Kami berterimakasih kepada semua pihak, panitia penyelenggara, karena semua rangkaian acara berlangsung hikmat prosesinya hampir sama dengan prosesi adat dan tidak kurang satu apapun, semoga kegiatan ini bisa memotifasi anak anak diluar jam sekolah. (Abg)