Eka Putra Hadiri Syukuran Air Bersih di Jorong Gantiang -->

Iklan Atas

Eka Putra Hadiri Syukuran Air Bersih di Jorong Gantiang

Minggu, 12 Februari 2023

Bupati Eka Putra menghadiri syukuran air bersih, di Jorong Ganting, Nagari Gunung Rajo Batipuh

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Wajah penuh kebahagiaan terpancar dari puluhan warga, yang beramai-ramai memenuhi Mushalla Jamiatul Islamiah Talago Biduak, untuk mengungkapkan rasa syukur mereka, di Jorong Gantiang, Nagari Gunuang Rajo, Kecamatan Batipuh, Sabtu (11/2/2023). Kebahagiaan itu bukan saja karena kehadiran Bupati Tanah Datar Eka Putra, namun juga karena impian masyarakat untuk memiliki air bersih bisa terwujudkan. 


Tokoh masyarakat yang juga mewakili pelaksana kegiatan M. Dt. Tan Basa mengungkapkan, rasa bahagia tak terhingga dirasakan masyarakat karena semenjak dahulu, baru dua bulan terakhir air bersih dirasakan manfaatnya, atas tercapainya impian memiliki air bersih, yang memenuhi kurang lebih 200 rumah tangga, oleh masyarakat di Jorong Gantiang, Nagari Gunung Rajo. 


"Selama ini, masyarakat di Jorong Gantiang sangat kesulitan air bersih, bahkan ketika musim kemarau masyarakat membeli air bersih, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," ungkapnya. 


Alhamdulillah, tambah M. Dt. Tan Basa, berkat kerjasama, kerja keras dan dukungan semua pihak, saat ini masyarakat Jorong Gantiang sudah bisa menikmati air bersih. "Berkat dukungan anggota DPRD, pak Bupati dan juga saudara kami di Jorong Payo Nagari Batipuah Baruah, air yang bersumber lebih kurang 10 KM dari sini, bisa sampai dan mengairi rumah masyarakat di Jorong ini," sampainya. 


Hal senada juga disampaikan Wali Nagari Gunuang Rajo Erizal Dt. Kayo, ia menyampaikan terima kasih kepada Bupati, anggota DPRD, perantau dan pihak terkait lainnya. "Alhamdulillah, terpenuhinya air bersih di Jorong Gantiang ini, salah satu dari berbagai program dan bantuan yang diberikan Pemerintah Daerah dibawah persetujuan pak Bupati, setidaknya ada sekitar Rp1,6 miliar lebih. Terima kasih pak Bupati," sampainya. 


Sementara itu, Anggota DPRD Tanah Datar Zulhadi memaparkan, bagaimana perjuangan untuk mewujudkan impian masyarakat Jorong Gantiang, untuk menikmati air bersih. Berawal dari keluhan masyarakat di jorong ini yang mengalami kesulitan air bersih, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tapi juga air untuk wudhu. 


"Karena itu, Saya bersama masyarakat mencoba menelusuri potensi mata air yang bisa dipakai. Alhamdulillah, dunsanak kita di Jorong Payo yang memiliki mata air dengan jarak 10 KM dari sini, bersedia memberikan kepada kita untuk dialirkan sampai disini. Terima kasih, semoga dinilai amal ibadah oleh Allah SWT," paparnya. 


Sedangkan, Bupati Eka Putra juga menyampaikan selamat atas fasilitasi air bersih, yang sudah bisa dinikmati masyarakat di Jorong Gantiang. Alhamdulillah, berkat kerjasama dan kerja keras semua pihak mulai anggota DPRD, Pemerintah Nagari, tokoh masyarakat dan juga Pemerintah Daerah, Jorong Gantiang yang selama ini belum tersentuh air bersih, akhirnya bisa menikmati fasilitas ini. 


"Selamat dan terima kasih, terutama masyarakat di Jorong Payo, yang mengikhlaskan sumber airnya dimanfaatkan masyarakat Jorong Gantiang," ujarnya. 


Ditambahkan Eka, atas berkah air bersih yang telah dinikmati itu, hendaknya masyarakat memanfaatkan secara maksimal, dan diharapkan jangan sampai menyebabkan permasalahan baru dalam masyarakat. "Apa yang telah menjadi impian kita ini, diharapkan untuk dijaga dan dipelihara sebaik mungkin. Jangan jadikan fasilitas air bersih ini sumber permasalahan atau pertikaian antara masyarakat. Bagi secara adil dan manfaatkan dengan semaksimal mungkin," tukasnya.


Turut hadir, Kadis PMDPPKB Abdurrahman Hadi bersama Kabid dan jajaran, Camat Batipuh Abdi Hardifala bersama Forkopimca, BPRN dan KAN Gunuang Rajo serta undangan lainnya. (F12)