Gerobak Sedekah Membantu yang Miskin -->

Iklan Atas

Gerobak Sedekah Membantu yang Miskin

Selasa, 28 Februari 2023

 

Tenda Nasi Ikhlas Gerobak Sedekah. Nasi beserta lauk hanya Rp4.000.


Padang Panjang, fajarsumbar.com -Ini gerobak bukan sembarangan gerobak. Namanya Gerobak Sedekah Padang Panjang. Bukan gerobak untuk berdagang, tapi gerakan membantu sesama yang membutuhkan, terutama orang sakit, anak yatim dan lainnya. Ini untuk amalan dan kebaikan bagi penggerak dan anggotanya. Berharap ridha Allah SWT.


Sudah lama hadir di kota berjulul Serambi Mekkah ini, namun masih banyak masyarakat yang belum menyadari keberadaannya.


Gerobak Sedekah didirikan pada 2017 oleh Gerakan Muslimah Padang Panjang. Yulia Rahmi dan Aisyah sebagai penggerak lainnya, 


Mereka mengumpulkan dana sedikit demi sedikit membantu sesama umat.


Berawal dari grup arisan baju syar'i. Setiap penerima arisan menerima Rp500, tapi uang itu tidak boleh dibelikan baju, harus disisihkan untuk sedekah.


"Uang sedekah itu kita kumpulkan dan dibelikan sembako, kemudian dibagikan dhuafa. Kalau ditanya ide siapa, ini ide bersama anggota grup saat itu," cerita Yulia Rahmi


Anggota grup terdiri dari emak-emak Padang Panjang saja. Saat ini yang aktif hanya sekitar lima orang dan benar-benar loyal untuk bisa berbagi kepada sesama. 


Diungkapkan, jenis bantuan yang diserahkan bermacam-macam, tapi kebanyakan berupa sembako dan uang.


Selain itu setiap bulan puasa mereka berbagi baju lebaran untuk anak yatim piatu dan dhuafa. Setiap tahun ajaran baru sekolah, juga berbagi pakaian seragam, buku-buku, sepatu, tas dan sebagainya.


"Kadang kami juga mendapatkan sumber dana yang berasal dari open donasi di media sosial. Biasanya di facebook.

Kita juga mengadakan open donasi untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan untuk biaya pendidikan dan kesehatan. 

Hasil open donasi disalurkan tanpa potongan.


Pada saat Gerobak Sedekah didirikan, awalnya hanya berbagi untuk jemaah Salat Jumat di Masjid Mardhiyah, Gang Kecap, Kelurahan Pasar Baru. 


Pada saat itu di Padang Panjang belum ada masjid yang mengadakan kegiatan Jumat Berkah seperti sekarang. 


Gerobak Sedekah juga pernah mengadakan bedah rumah, untuk salah satu warga di Tambangan, Kecamatan X Koto, KabupatenTanah Datar. 


Selanjutnya membuat Tenda Nasi Ikhlas atau Tenda Nasi Berkah. Tenda itu sengaja menjual nasi murah yang terjangkau untuk mereka yang membutuhkan.


"Kita jual nasi dan sambal dengan harga Rp4.000 saja di depan Secata B. Ini sudah berjalan selama 10 minggu, dengan menu yang berganti setiap minggunya," kata Yulia Rahmi. 


Ke depan target Gerobak Sedekah mengadakan sunatan masal. 


"Semoga akan banyak donatur yang berpartisipasi," harapnya.


Yulia dan Aisyah juga berharap kegiatan ini bisa semakin berkembang. Bahkan kalau bisa Gerobak Sedekah menjadi sebuah yayasan atau lembaga yang bisa membantu lebih banyak orang-orang yang membutuhkan. (*/syam)