Hasil SSGI Terbaru, Angka Stunting di Tanah Datar Terjadi Penurunan -->

Iklan Atas

Hasil SSGI Terbaru, Angka Stunting di Tanah Datar Terjadi Penurunan

Sabtu, 04 Februari 2023

Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar dr. Yesrita Zedrianis

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI), yang dikeluarkan pada bulan Januari lalu, angka kasus stunting di Kabupaten Tanah Datar terjadi penurunan.


"Jumlah kasus stunting di Tanah Datar, terbaru mengalami penurunan dari angka 21,5 persen pada 2022, menjadi angka 18,9 persen pada awal tahun 2023," sampai Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar, dr. Yesrita Zedrianis, Sabtu (4/2). 


Kadis Yesrita katakan, turunnya kasus stunting tersebut tidak terlepas dari kerja keras semua pihak, yang telah peduli terhadap penanganan stunting. Serta juga tidak terlepas dari meningkatnya kesadaran orang tua, dalam memberikan asupan gizi seimbang pada balita dan ibu hamil.


"Alhamdulillah, hasil Survei SSGI yang dikeluarkan pada Januari beberapa waktu lalu angka kasus stunting di Tanah Datar menurun dari 21,5 persen menjadi 18,9 persen," kata Yesrita.


Yesrita juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua unsur yang telah bekerjasama dalam penurunan stunting di Tanah Datar. "Terimakasih, ini tidak terlepas dari kerjasama kita, sehingga kasus stunting bisa kita turunkan," ucapnya.


Dijelaskan Yesrita lagi, didalam upaya penurunan kasus stunting, Pemkab Tanah Datar telah membentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) pada tahun 2022, yang dikukuhkan langsung oleh Bupati Tanah Datar.


Kadis Yesrita tambahkan, Pemkab Tanah Datar juga menjalin kerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas), baik berupa bantuan makanan dalam pemenuhan gizi, maupun dengan menjadi bapak asuh.


"Pendekatan intensif lainnya juga dilakukan Dinas Kesehatan Tanah Datar, melalui Puskesmas di masing-masing kecamatan, seperti sosialisasi ke sekolah-sekolah berupa aksi bergizi di sekolah, serta mengimbau dan menjadwalkan konsumsi tablet tambah darah untuk remaja putri," tambah Kadis. 


Terakhir Yesrita katakan, terkait target penurunan angka penurunan pada 2024, ia optimis target penurunan angka tersebut tercapai 14 persen pada tahun 2024.


Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra mengatakan, sebagai mitra kerja pemerintah, pihaknya siap mendukung upaya pemerintah daerah dalam penurunan angka stunting di Tanah Datar. (F12)