Israel Bombardir Jantung Ibu Kota Damaskus Suriah, 5 Orang Tewas -->

Iklan Atas

Israel Bombardir Jantung Ibu Kota Damaskus Suriah, 5 Orang Tewas

Minggu, 19 Februari 2023

 

Israel menggelar serangan udara ke Damaskus, Suriah, menewaskan 5 orang.




AMMAN  - Israel menggelar serangan udara ke beberapa target di Ibu Kota Damaskus, Suriah, Minggu (19/2/2023) dini hari. Serangan di antaranya menghantam satu bangunan di lingkungan Kafir Sousa. Bangunan tersebut berada di dekat kompleks pertahanan besar yang selalu dijaga ketat serta dekat dengan instalasi militer Iran. Serangan juga merusak beberapa bangunan di lingkungan padat penduduk yang juga dekat dengan Alun-Alun Umayyah di jantung ibu kota.


Seorang sumber militer mengatakan, lima orang tewas dan sedikitnya 15 orang luka dalam serangan itu. Media pemerintah Suriah, mengutip sumber militer, melaporkan serangan itu dilakukan pasukan Israel menargetkan beberapa daerah di Damaskus lepas tengah malam. Serangan juga menyebabkan kerusakan beberapa bangunan tempat tinggal,sebagaimana dikutip iNews.id.


"Ini menyebabkan kerusakan pada beberapa rumah warga sipil dan kerusakan material di sejumlah lingkungan di Damaskus dan sekitarnya," kata seorang sumber militer, dikutip dari Reuters. Belum jelas apakah serangan itu ditujukan pada individu tertentu.


Militer Israel enggan memberikan komentar soal serangan tersebut.


Israel dalam 10 tahun terakhir kerap menggelar serangan udara ke Suriah dengan dalih menargetkan kepentingan Iran di negara itu. Negeri Yahudi menyebut Suriah menjadi lokasi transfer senjata dari Iran ke milisi-milisi di kawasan. 


Beberapa petinggi milisi pro-Iran juga tewas dalam serangkaian serangan tersebut. Pada 2008, Imad Moughniyeh, komandan tertinggi milisi pro-Iran Hizbullah, tewas dalam pengeboman di Kafr Sousa. Di wilayah itu banyak terdapat kantor atau markas perwakilan Iran yang lokasinya berada di tengah permukiman.(*)