Menempuh Jalan Tanah Terpencil Ketinggian 412 mdpl, SDN 21 IV Koto Aur Malintang Terus Bergerak -->

Iklan Atas

Menempuh Jalan Tanah Terpencil Ketinggian 412 mdpl, SDN 21 IV Koto Aur Malintang Terus Bergerak

Jumat, 24 Februari 2023
SDN 21 Kecamatan IV Koto Aur Malintang, Padang Pariaman, terlihat anak didik antusias dan bersemangat mengikuti arahan para gurunya, walaupun berada di pelosok terpencil melalui jalan tanah menuju Sekolahnya di Korong Padang Ganting, Nagari Balai Baik Malai III Koto. Suasana Jum'at berkah 24 Februari 2023 (foto.dok.wan)


Batu Basa - Sekolah Dasar Negeri (SDN) 21 Kecamatan IV Koto Aur Malintang, secara perlahan-lahan bergerak dalam pembentukan karakter anak didik. Terutama sekali melaksanakan kegiatan Tausyiah Juma'at pagi bertemakan "Kultum dan Berkah Jum'at" pada setiap Jum'at.


"Agenda Kultum dan Berkah Jum'at ini, merupakan buat pertama kali dilaksanakan di SDN 21. Sehingga membuat para siswa bersemangat mengikuti agenda ini" kata Kepala SDN 21 Kecamatan IV Koto Aur Malintang Nazirwan, S.PdI kepada Wartawan fajarsumbar.com, Jum'at (24/02/23).


Begitu selesai agenda Kultum Jum'at pagi ini, sebut Pak Wan begitu panggilan akrabnya, dilanjutkan membagikan makanan Snack kepada anak didik dan majelis guru yang diperoleh dari bantuan sumbangan dermawan dan perantau.


Nazirwan yang baru dua Minggu menjabat Kepsek ini menjelaskan, kita secara perlahan-lahan melaksanakan program harian. Yakni pada setiap Senin, pelaksana dan penanggung jawab Upacara serta Pembina dipergilirkan kepada Guru dan Kelas dalam rangka pembinaan disiplin kerja.


"Pada setiap hari Selasa pagi sebelum pembelajaran, kegatan Asmaul Husna dengan Penanggung Jawab, Oki Saputra,S.Pd, sedangkan pada hari Rabu melaksanakan Senam Bersama yang dikoordinir Guru PJOK Baidir, S.Pd. Untuk hari Kamis pagi, setoran hafalan ayat-ayat Al-Quran dikoordinir Guru Kelas Poni, S.Pd dan Susni, S.Pd" terang Wan.


Untuk kegiatan Jum'at, ungkap Wan yang sebelumnya bertugas di SDN 12 pada Kecamatan yang sama, dikomandoi Salman,.S.Pd.I dari guru agama. Pelaksana kegiatan itu dipergilirkan dari Kelas VI, V dan IV, juga dari Kelas rendah yang mampu.


"SDN 21 ini merupakan SDN yang berada diketinggian sekitar 412 mdpl pada kawasan terpencil berada di Korong Padang Ganting, Nagari Balai Baik Malai III Koto di Kecamatan lV Koto Aur Malintang, Padang Pariaman berbatasan dengan Kabupaten Agam. Juga berjarak tempuh jalan mendaki dan tanjakan sekitar 25 km dari Batu Basa sebagai ibu Kecamatan IV Koto Aur Malintang" ucap Nazirwan yang juga Ketua Bamus Nagari Aur Malintang.


Ditambahkannya, tenaga pendidik sebanyak 7 orang. Yang berasal dari Tiku Kabupaten Agam 1 orang sebagai guru PPPK berjarak 30 km dari rumahnya. Sedangkan guru Kelas 1 orang PNS berasal dari Lubuak Basuang mengabdi jarak tempuh sekitar 25 km. Muaro Putuih Agam 1 orang dengan jarak tempuh dari kediamannya 40 km sebagai guru honor status P2 PPPK , VII Koto Sungai Sariak 1 orang, dan selebihnya dari putra daerah IV Koto Aur Malintang.


Nazirwan meminta kepada Bupati Padang Pariaman melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), dimohonkan sangat kiranya dapat merealisasikan pengaspalan jalan hotmix ke kawasan ini. Rata-rata beberapa ruas jalan masih jalan tanah, bila hujan tiba bagaikan "kubangan kerbau" jalan tersebut.


"Untuk itu, kami sebagai putra Daerah IV Koto Aur Malintang supaya Pemda Padang Pariaman, agar dapat merealisasikan pengaspslan jalan nan rancak, sebagai akses memperlancar pergerakan ekonomi dan pendidikan warga masyarakat setempat" harap Nazirwan yang pernah Ketua PPK Pemilu 1999  ketika itu Sekretarisnya Rahmang yang kini menjabat Wabup Padang Pariaman.(saco)