Kampung Sepak Bola Tulehu di Maluku, Bayi Baru Lahir Langsung Injak Rumput Lapangan -->

Iklan Atas

Kampung Sepak Bola Tulehu di Maluku, Bayi Baru Lahir Langsung Injak Rumput Lapangan

Sabtu, 18 Februari 2023

Tugu selamat datang di Kampung sepak bola Tulehu, Maluku



AMBON - Mengenal Kampung Tulehu yang dikenal sebagai kampung sepak bola dan telah banyak melahirkan banyak pemain bintang untuk Timnas Indonesia. Kampung Tulehu berada di Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah atau berjarak 28 kilometer dari Kota Ambon, Ibu Kota Provinsi Maluku.


Tulehu berada di gugus Pulau Maluku wilayah pesisir dan di timur kaki Gunung Salahutu. Luas wilayah adimistratifnya 2,3 kilometer persegi dan berpenduduk 22.107 jiwa pada 2020, sebagaimana dikutip iNews.id.


Di Tulehu ada pelabuhan penyeberangan untuk tiga kabupaten di Pulau Seram yakni Maluku Tengah, Seram Bagian Barat dan Seram Bagian Timur.


Kampung Tulehu dinobatkan sebagai Kampung Sepak Bola pada 2012 oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)serta PSSI. Bagi warga Tulehu, sepak bola amat mewarnai kehidupan mereka.


Tak heran saat ada bayi yang baru lahir, para orang tua di sana menginjakkan kaki anaknya ke rumput lapangan sepak bola sebagai simbol agar kelak besarnya menjadi pemain sepak bola hebat.


Sejumlah pemain tim nasional Indonesia pun lahir dari Tulehu, seperti Ramdani Lestaluhu (Persija Jakarta), Alfin Tuasalamony (Madura United), Rizky Pellu (PSM Makassar) dan Abduh Lestaluhu dan Hendra Bayauw (Tira Persikabo).


Tidak hanya itu saja, beberapa legenda sepak bola Tanah Air seperti Dedi Umarella dan Imran Nahumarury juga berasal dari tempat ini.


Dalam 50 tahun terakhir, kampung Tulehu konsisten menyumbang pesepakbola kualitas. Dari 81.616 desa/kampung di 515 kabupaten pada 34 provinsi di Indonesia, hanya Tulehu yang mendapat julukan Kampung Sepak Bola.


Di Tulehu sendiri ada tujuh Sekolah Sepak Bola (SSB) yang hingga kini eksis melahirkan pemain skala lokal maupun nasional.


SSB tersebut yakni Tulehu FC, SSB Matawaru Tulehu, SSB Tulehu Putra, Siwalima FC, Akademi Sepak bola Tulehu, Matawaru Putra, SSB Sinar Tulehu.


Pejabat Negeri Tulehu Hasan R Lestaluhu, menyebut Negeri Tulehu dicanangkan sebagai Kampung Sepak Bola sejak 14 Februari 2012 oleh PSSI dan juga Kemenpora.


Menurut Hasan, untuk mendukung persepakbolaan di Tulehu ada bantuan Rp200 juta dari AIA, salah satu sponsor dari klub sepak bola asal Inggris, Tottenham Hotspur. Bantuan tersebut digunakan untuk mengelola Stadion Matawaru di Tulehu.


Kisah perkembangan sepak bola anak-anak Tulehu bahkan pernah diabadikan dalam sebuah film karya produser ternama Angga Dwimas Sasongko yang berjudul 'Cahaya dari timur' pada 2014.


Film itu dibuat selama empat tahun oleh tim produksi yang memang didominasi orang Ambon dan menuai sukses. Cahaya dari Timur: Beta Maluku bukan hanya menang FFI, tetapi juga berkesempatan berkeliling dunia. Bahkan saat pemutaran film itu di Kota Ambon, seluruh bioskop tak pernah sepi meski hanya memutar film yang sama dalam sebulan penuh.(*)