Kemendagri Bakal Bentuk Tim Khusus Tangani Bencana, Isinya Personel Damkar -->

Iklan Atas

Kemendagri Bakal Bentuk Tim Khusus Tangani Bencana, Isinya Personel Damkar

Senin, 27 Februari 2023

Ilustrasi petugas damkar



Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bakal membentuk tim khusus untuk menangani bencana. Nantinya, tim dibentuk dari personel pemadam kebakaran atau Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat).  


Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Safrizal mengatakan, tim khusus tersebut harus menguasai 21 jenis diklat, mulai dari ahli laboratorium, tim penyelamatan reruntuhan, penyelamatan di dalam air dan lain sebagainya.


"Makanya kita akan buat tim khusus, yang nantinya personelnya dari daerah-daerah lain. Kalau TNI punya Kopassus, nah kita nanti juga punya," ujar Safrizal, Minggu (26/2/2023).  Kemendagri akan melakukan pemetaan wilayah mana yang paling banyak diklatnya. Pemetaan akan dimulai pada pertengahan tahun ini,sebagaimana dikutip iNews.id.


"Saya melihat DKI Jakarta paling berpeluang. Sebab, selain menguasai skill paling banyak, DKI Jakarta juga punya tempat diklat yang paling lengkap se-Indonesia, sehingga sering kami menitipkan anggota kami untuk diklat di Jakarta," katanya.


Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, mengapresiasi rencana itu. Menurutnya, setiap personel Gulkarmat di DKI Jakarta telah memiliki kemampuan dasar penyelamataan, sehingga dengan pembentukan tim khusus ini akan semakin bermanfaat bagi masyarakat. 


"Personel kami siap, fasilitas kami juga siap digunakan apabila ingin mengasah skill hingga ke tingkat 21 diklat," ucapnya. Rencananya akan ada beberapa tim khusus yang dibentuk yakni tim penyelamatan air, tim bangunan tinggi, tim gedung dan tim kimia. "Kami akan terus berupaya meningkatkan skill personel, agar DKI Jakarta bisa masuk ke dalam tim khusus tersebut," katanya.(*)