Kepala Pusat Diklat Tenaga Pendidikan dan Keagamaan Pusat Buka Diklat Klasikal BDK Padang -->

Iklan Atas

Kepala Pusat Diklat Tenaga Pendidikan dan Keagamaan Pusat Buka Diklat Klasikal BDK Padang

Rabu, 08 Februari 2023
.


Padang, fajarsumbar.com - Secara virtual, Rabu (08/02/2023) siang Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Pusat, Dr. Mastuki membuka langsung pelaksanaan pendidikan dan pelatihan klasikal yang diangkatkan Balai Pendidikan dan Keagamaan Padang selama 6 hari. Zoom meeting dipandu langsung Plt Kepala BDK Padang H. Aprianto diwakili Ketua panitia, Irna Fitria SE


Kepada 90 peserta diklat, Kapusdiklat Mastuki HS menyampaikan salam hangat penuh kekeluargaan.


"Salam saudaraku semua yang sedang ikut diklat di BDK Padang. Semoga sehat semua dan diklatnya lancar. Aamiin,"ucap Mastuki diiringi panitia dan peserta diklat.


Kepada Kapusdiklat, Ketua panitia melaporkan bahwa peserta diklat terdiri dari 90 peserta yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat dan Jambi.


"Ketiga lokal tersebut adalah, 30 orang lokal manajemen ekstra kurikuler madrasah, 30 orang ikut diklat bahasa Inggris MA, dan 30 orang diklat fotografi/videografi,"lapor Irna Fitria.


Mengawali materinya, 'Nilai Dasar ASN Kementerian Agama', Kapusdiklat Mastuki HS menegaskan bahwa ada 1.880.420 orang ASN kementerian agama di Indonesia. Terdiri dari PNS dan PPPK dan masyarakat. Pusdiklat dannjajarannya hingga BDK dan Loka giat lakukan pengembangan melalui pelatihan, berbagi ilmu, pelatihan singkat.


"Saya berharap ASN Kementerian Agama menguasai nilai dasar kementerian agama, bukan sekedar diucapkan dan disimbolkan. Simbol kementerian agama yang dirintis tanggal 3 Januari 1946 oleh para sesepuh penuh makna etimologis, terminologis dan filosofis,"terang Mastuki.


"Setidaknya, ada 3 nilai revolusi mental bahi ASN kementerian agama, yakni integritas, etos kerja dan gotong royong. Selanjutnya, 5 nilai budaya kerja dan kode etik pegawai kementerian agama harus diimplementasikan penuh, dalam rangka menjalankan tugas negara yang selaras dengan tugas agama. Menjalankan agama sebagaimana yang selaras dengan tugas negara. Sehingga ASN kementerian agama bisa menjadi teladan,"pesan Mastuki.


"ASN Kementerian Agama harus menginternalisasikan nilai luhur yang memberikan pengabdian kepada negara serta memberikan pelayanan prima,"ulasnya. 


Sesi terakhir, Kapusdiklat Mastuki HS memberikan kesempatan kepada peserta diklat klasikal BDK Padang untuk tanya jawab. Para peserta juga menyampaikan terima kasih langsung kepada Kapus Diklat yang sudah diberikan kesempatan tanya jawab.(ul)