KKB Bentrok dengan Massa Main Hakim Sendiri, 41 Orang Tewas -->

Iklan Atas

KKB Bentrok dengan Massa Main Hakim Sendiri, 41 Orang Tewas

Sabtu, 04 Februari 2023

Ilustrasi 


ABUJA – Kelompok kriminal bersenjata (KKB) terlibat bentrokan dengan massa yang main hakim sendiri di Negara Bagian Katsina, Nigeria. Setidaknya 41 orang tewas dalam insiden itu.


Juru Bicara Kepolisian Katsina, Gambo Isah mengatakan, peristiwa bermula saat KKB menyerang sebuah desa di Kabupaten Bakori Katsina. Di sana, para bandit itu mengacau ternak dan domba, lalu melarikan diri ke semak-semak.


Sekelompok warga lokal lantas memobilisasi dan mengejar para penjahat bersenjata itu, sehingga menyebabkan bentrokan pada Kamis (2/2/2023). Untuk sekadar diketahui, Katsina negara bagian asal Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari.


Dua sumber keamanan Nigeria menyebutkan, jumlah korban tewas mencapai 50 orang. Mayat-mayat mereka baru ditemukan pada Jumat (3/2/2023) kemarin di semak-semak dan bersamaan dengan mereka yang terluka. Para korban dilarikan ke rumah sakit Kankara di negara bagian itu.


“Operasi keamanan gabungan saat ini sedang berlangsung dengan maksud untuk menangkap para pelaku,” kata Isah seperti dikutip Reuters.


Katsina adalah salah satu negara bagian di utara Nigeria yang paling terpukul oleh aksi brutal KKB yang menyerang dan menculik orang-orang di desa-desa dan jalan raya. Penasihat Khusus Katsina untuk Urusan Keamanan, Ibrahim Ahmed mengatakan, masyarakat tidak disarankan untuk main hakim sendiri karena itu dapat berdampak kematian. (*)