Korut Kembali Tembakkan Sejumlah Rudal ke Arah Jepang Hari Ini -->

Iklan Atas

Korut Kembali Tembakkan Sejumlah Rudal ke Arah Jepang Hari Ini

Senin, 20 Februari 2023

 

Salah satu aktivitas uji coba rudal oleh Korea Utara yang disiarkan oleh kantor berita negara setempat, KCNA, beberapa waktu lalu



Seoul– Korea Utara kembali menembakkan beberapa rudal ke arah Jepang pada Senin (20/2/2023) ini. Menurut laporan media di negeri samurai, semua rudal tersebut mendarat di luar Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Jepang.


Sementara kantor berita Korea Selatan, Yonhap, dengan mengutip militer setempat sebelumnya melaporkan bahwa Pyongyang melakukan uji coba rudal balistik yang belum diketahui jenisnya ke arah Laut Jepang, sebagaimana dikutip iNews.id.


Penjaga Pantai Jepang (JCG) telah mengeluarkan peringatan. Korps tersebut menyatakan bahwa ada tiga peluncuran yang dilakukan oleh Korut pada hari ini.


Lembaga penyiaran NHK pada Senin melaporkan, dengan mengutip Kementerian Pertahanan Jepang, bahwa beberapa rudal diluncurkan oleh Pyongyang pada Senin. Semuanya mendarat di luar ZEE Jepang.


Masih menurut media Jepang, sebuah pusat tanggap krisis telah didirikan di bawah Kantor Perdana Menteri Jepang sehubungan dengan peluncuran rudal oleh Pyongyang hari ini.


Pada Sabtu (18/2/2023) Korut juga menembakkan rudal Hwasong-15 ke arah Jepang. Hal itu dikonfirmasi oleh KCNA, kantor berita milik negara Korut, Minggu (19/2/2023).


Menurut media resmi pemerintah Korut itu, peluncuran rudal dilakukan dari Bandara Internasional Pyongyang pada Sabtu petang. Rudal itu mencapai ketinggian maksimum 5.768 km dan menempuh jarak sejauh 989 kilometer.


Menteri Sekretaris Kabinet Jepang, Hirokazu Matsuno mengatakan, rudal jarak jauh itu ditembakkan pada sudut tinggi dan mungkin dapat menempuh jarak 14.000 km dan mencapai wilayah daratan AS jika ditembakkan pada sudut biasa. (*)