Kota Padang Panjang Raih Piala Adipura ke-15 Kali -->

Iklan Atas

Kota Padang Panjang Raih Piala Adipura ke-15 Kali

Selasa, 28 Februari 2023
Walikota Fadly Amran menerima Piala Adpura dari Menteri LOH, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya. 


Padang Panjang - Kota Padang Panjang kembali memperoleh penghargaan bergengsi. Piala Adipura  jadi idaman daerah kabupaten/kota  kini berada dalam genggaman kota ini. 


Ini bukan untuk  pertakali, tetapi yang ke-15 kalinya. Diawali tahun 2004 dan sempat terhenti pada tahun 2020  karena Indonesia dilanda pandemi Covid-19. Piala Adipura yang diraih Kota Padang Panjang adalah untuk kategori kota kecil. 


Piala Adipura diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc kepada Walikota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Jalan Gatot Subroto Jakarta Pusat, Selasa (28/2).


Walikota Fadly menyebut penghargaan diraih berkat kerja sama pemerintah daerah dan masyarakat yang telah memiliki kesadaran tinggi mendukung terciptanya lingkungan yang bersih.


"Tanpa kerja sama dan kesadaran dari masyarakat  menciptakan kebersihan, Piala Adipura tidak akan dapat diraih. Kami apresiasi peran warga Padang Panjang dan kinerja perangkat daerah," kata Fadly.


Penyerahan Piala Adpura Kategori Kota Kecil Padang Panjang. 


Dengan diraihnya penghargaan Adipura, walikota berharap dapat menjadi motivasi bagi perangkat daerah untuk lebih meningkatkan kinerja dan berinovasi  menciptakan layanan dan kota yang nyaman bagi warga dan pengunjung.


“Ini adalah bukti bahwa Padang Panjang  kota yang memiliki masyarakat yang sadar akan kebersihan lingkungannya. Terima kasih tak lupa saya sampaikan kepada petugas kebersihan yang telah bersusah payah menguras energinya untuk keindahan dan kebersihan," katanya.


Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Padang Panjang, Alvi Sena, M.T mengatakan, Piala Adipura diberikan untuk beberapa kategori yaitu Sertifikat Adipura, Plakat Adipura, Piala Adipura dan Adipura Kencana.


 Walikota Fadly Amran bersama Ketua DPRD Padang Panjang,  Mardiansyah, A. Md, Sekwan, Wita Desi Susanti serta sejumlah pejabat lainnya. 


“Untuk Padang Panjang kita mendapat penghargaan di level ke-3 yakni Piala Adipura. Belum yang tertinggi, yakni Adipura Kencana. Adipura tahun 2022 ini adalah penghargaan yang ke-15 untuk Kota Padang Panjang,” kata Alvi.


Alvi menyebutkan, Adipura termasuk salah satu instrumen pemerintah dalam mendorong penerapan kebijakan lingkungan dengan pendekatan wilayah, penerapan kebijakan persampahan dan penghijauan.


Menurutnya, Adipura merupakan penghargaan bergengsi dan ditunggu-tunggu pemerintah daerah.


"Adipura adalah sebuah kebanggaan, karena itu kami berharap penghargaan ini bisa mendorong masyarakat semakin mencintai lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan atau bentuk tindakan merusak lainnya," katanya. 


Ia menyebutkan, agar ke depan bisa mendapatkan penghargaan tertinggi, yaitu Adipura Kencana. 


Suasana di Gedung Manggala Wahanabakti  Jakarta, tempat acara penyerahan Piala Adipura.


Ada Sejumlah indikator yang harus dipenuhi. Di antaranya pengurangan sampah ke TPA minimal 26% (sedangkan Padang Panjang baru 15%) dan juga sudah terjadi pemilahan sampah di sumber (rumah tangga) minimal 60%. Serta adanya pengurangan penggunaan wadah plastik/styrofoam dalam kehidupan sehari hari.


“Insyaa Allah kita akan terus berbenah untuk yang lebih baik lagi ke depannya. Dengan melahirkan berbagai inovasi untuk pengolahan sampah, baik oleh pemerintah maupun masyarakat, sehingga penghargaan Adipura Kencana bisa didapat dan Kota Padang Panjang lebih bersih serta bebas dari sampah,” harapnya.

 

Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar dalam arahannya mengatakan, pemberian penghargaan Adipura terakhir dilaksanakan pada 2019 dan terhenti karena pandemi Covid-19 dan baru tahun ini kembali dapat terselenggara. 


“Adipura merupakan sebuah penghargaan bagi kabupaten/kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan,” kata menteri.


Walikota Fadly Amran {memwgang Piala Adipura] didampingi Ketua DPRD Mardiansyah, A. Md, Kadis  Perkim LH, Alvi Sena, M.T, dan sejumlah pejabat Padang Panjang lainnya.


Dengan  penghargaan ini, Kementerian LHK berharap dapat mendorong kepemimpinan pemerintah kabupaten/kota dan membangun partisipasi aktif masyarakat dan dunia usaha untuk mewujudkan kota berkelanjutan. 


“Sekaligus menyelaraskan pertumbuhan ekonomi, sosial dan ekologis dalam proses pembangunan serta menerapkan prinsip good governance menuju zero waste dan zero emission,” sebutnya.


Turut mendampingi Waliko Fadly pada penerimaan penghargaan Piala Adipura ini Ketua DPRD Padang Panjang, Mardiansyah, A.Md, Sekretaris DPRD, Wita Desi Susanti, S.T,  Kabid PSLB3PP Perkim LH, Nofebrianto, S.Sos dan Kabag Prokopim, Benny, S.STP. (advetorial/syam)