Kurangi Pengangguran, 60 Peserta Ikuti Seleksi Pelatihan Bahasa Jepang -->

Iklan Atas

Kurangi Pengangguran, 60 Peserta Ikuti Seleksi Pelatihan Bahasa Jepang

Senin, 06 Februari 2023
Peserta seleksi Bahasa Jepang yang difasilitasi Pemko Padang Panjang.



Padang Panjang, fajarsumbar.com - Sebanyak 60 peserta mengikuti seleksi pelatihan Bahasa Jepang tingkat N4/N5

yang diselenggarakan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Padang Panjang, Senin (6/2) di aula Senja Kenangan, Kelurahan Bukit Surungan.


Kepala Bidang Penanaman Modal dan Ketenagakerjaan DPMPTSP, Mardi Suntami, S.E menyampaikan tahun ini pihaknya akan kembali memfasilitasi pelatihan Bahasa Jepang tingkat N4/N5 guna menggurangi angka pengangguran di Padang Panjang. 


"Beberapa faktor yang meningkatkan angka pengangguran di antaranya kurangnya skill, kesempatan kerja terbatas serta hilangnya jiwa merantau. Lapangan kerja yang terbuka luas itu ada di luar negeri. Karena itulah pemko berupaya menyiapkan tenaga kerja yang mempunyai skill dan bisa bekerja di luar negeri khususnya di Jepang. 

Di Jepang, tenaga kerja bisa digaji sekitar Rp25 juta,"  katanya.


Seleksi ini bekerja sama dengan LPK Yaruki Padang dan akan  memilih 16 peserta terbaik yang akan difasilitasi mengikuti pelatihan selama empat bulan.


"Seleksi terdiri dari ujian tertulis, kesamaptaan dan wawancara. Kita berharap peserta yang lulus nantinya betul-betul yang serius yang ingin mendapatkan ilmu dan bekerja di Jepang," jelasnya.


Kepada peserta seleksi disosialisasikan mengenai KTP Digital oleh Plt. Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data (PIAK dan PD) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Windo A. Rezzo, S.Kom, M.Si. (syam)