Malaysia Borong 18 Jet Tempur FA-50 ke Korsel, Rogoh Rp14 Triliun -->

Iklan Atas

Malaysia Borong 18 Jet Tempur FA-50 ke Korsel, Rogoh Rp14 Triliun

Jumat, 24 Februari 2023

Malaysia memborong 18 jet tempur FA-50 dari Korsel.



Seoul  - Malaysia memborong 18 unit jet tempur ke Korea Selatan (Korsel) senilai 1,2 triliun won atau sekitar Rp14 triliun. Pesawat tempur yang dibeli adalah FA-50. Produsen dirgantara Korsel, Korea Aerospace Industries (KAI), menyatakan telah menandatangani kesepakatan dengan Kementerian Pertahanan Malaysia. Pengiriman pertama pesawat tempur ringan bermesin tunggal itu akan dimulai tahun ini juga. 


Malaysia menjatuhkan pilihan ke KA-50, menyingkirkan penawaran lain dari Tejas India, JF-17 Pakistan, MIG-35 Rusia, dan Hurizet Turki, demikian pernyataan perusahaan seperti dilaporkan Yonhap. Bagi KAI, ini merupakan kontrak pengadaan jet tempur keempat dengan negara Asia Tenggara, setelah Indonesia, Filipina, dan Thailand,sebagaimana dikutip iNews.id.


Jika diperinci, KAI telah menjual 68 unit pesawat latih serta pesawat tempur T-50 KT-1 dan FA-50 ke pasar Asia Tenggara. Di luar Asia Tenggara, KAI juga menjual berbagai pesawat tempur lainnya, yakni 222 unit, ke Irak, Polandia, Peru, dan Senegal. Selain itu KAI akan memperluas pasar pesawat tempurnya ke Timur Tengah, Afrika, Australia, Amerika Serikat, dan lainnya.(*)