Musrenbang Kecamatan Pariangan Bahas 12 Usulan Pembangunan -->

Iklan Atas

Musrenbang Kecamatan Pariangan Bahas 12 Usulan Pembangunan

Selasa, 14 Februari 2023

Camat Pariangan Mukhairi menyerahkan hasil Musrenbang kepada Asisten Ekobang


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, menggelar kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) penyusunan RKPD tahun 2024. Beragam usulan lahir dalam agenda tahunan yang diselanggarakan oleh Pemerintah Daerah di tingkat wilayah tersebut.


Acara Musrembang Kecamatan Pariangan dihadiri Asisten Ekobang Abdul Hakim, Tim Musrembang Kabupaten, Kepala OPD, Forkopimca, Wali Nagari se-Kecamatan Pariangan beserta perangkat, Kepala UPT, Kepala Sekolah, BPRN, KAN dan undangan lainnya.


Sebanyak 12 usulan pembangunan infrastruktur masih mendominasi pada kegiatan Musrenbang, yang dilaksanakan di Aula KAN Kecamatan Pariangan, dan dibuka langsung oleh Camat Pariangan Mukhairi, S.Pd, Selasa (14/2/23).


"Musrenbang ini merupakan tindak lanjut dari pra musrenbang, yang sudah dilaksanakan tanggal 9/2 kemarin. Terdapat ratusan usulan yang diusulkan kepada pihak Kecamatan, dari masing-masing Jorong dan Nagari di Kecamatan Pariangan," ucap Camat Mukhairi. 


Sementara itu, dari 9 orang anggota dewan dari Dapil 3 hanya satu orang yang hadir, yakni Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Saidani, yang merupakan putra asli Pariangan. Dalam kata sambutannya Saidani berpesan bahwa dana yang di kucurkan oleh pemerintah pusat, untuk pemerintah kabupaten Tanah Datar, khususnya Dana Alokasi Umum (DAU) sangat besar. Dan mayoritas berada di bidang pendidikan.


"Dana DAU ini memang diprioritaskan untuk pendidikan, kesehatan dan pekerjaan umum. Khususnya di pendidikan, Kami berharap di Musrenbang ini sudah mewakili aspirasi masyarakat Kecamatan Pariangan, yang mana tentunya nanti usulan ini akan di bawa ke kabupaten," ujar Saidani. 


Saidani ungkapkan lagi, bahwa selain pendidikan, rencana pembangunan di nagari pun harus seimbang. Kami berharap pembangunan fisik dan non fisik harus seimbang. 


"Pembangunan infrastrukturnya harus kita seimbangkan dengan pembangunan mental SDM kita, agar tidak timbul masalah sosial yang berkesinambungan ditengah masyarakat. Dan pemerintah harus adil karena ini mempengaruhi tingkat kecerdasan masyarakat di kemudian hari," ungkap Saidani.


Terakhir, Saidani juga berpesan, agar masalah sampah menjadi prioritas bagi pemerintah daerah dan nagari, serta masyarakat agar membudayakan kebersihan, karena Kecamatan Pariangan termasuk salah satu nagari yang berdestinasi wisata nasional dan mancanegara.


Sementara itu, Bupati Tanah Datar melalui Asisten Ekobang Abdul Hakim menyampaikan, bahwa pemerintah daerah juga mengharapkan pada struktur komponen pembangunan yang hadir, untuk memberikan sumbangan pemikiran melalui Musrembang ini.


"Kami berharap agar dapat mengakomodir aspirasi masyarakat, yang akan di selaraskan dengan program kebijakan pemerintah daerah," kata Abdul Hakim.


Abdul Hakim tambahkan, yang terpenting adalah sinkronisasi dan sinergisitas, antara program pembangunan dan aspirasi masyarakat. "Melalui Musrenbang ini, kami meminta seluruh masyarakat untuk berperan aktif, melalui kerjasama mewujudkan visi dan misi Kabupaten Tanah Datar, yang berlandaskan Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah (ABS-SBK)," tutupnya. (F12)