Nagari Harus Kreatif Kembangkan Potensi -->

Iklan Atas

Nagari Harus Kreatif Kembangkan Potensi

Rabu, 22 Februari 2023
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDP2KB) Pessel, Zulkifli


Pesisir Selatan - Potensi yang dimiliki oleh masing-masing Nagari akan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat, serta juga bisa cepat maju dan berkembang.  


Agar potensi yang dimiliki memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat serta juga bisa cepat maju dan berkembang, maka kepada Wali Nagari dan jajarannya di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) diminta agar melakukan inovasi, serta juga menciptakan produk unggulan kawasan pedesaan. 


Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDP2KB) Pessel, Zulkifli. Diakuinya bahwa saat ini beberapa Nagari di daerah itu telah terlihat mulai melakukan inovasi-inovasi pembangunan.


"Walau demikian, pemerintah Nagari tetap dituntut harus mampu melakukan prioritas pembangunan. Seperti menciptakan produk unggulan kawasan perdesaan, sarana olahraga dan lainnya," ujar Zulkifli Selasa(21/2) di Painan


Harapan itu disampaikanya karena kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Kementerian Desa (Kemendes).


"Sebab melalui upaya itu semua unsur yang ada di Nagari dapat bertukar informasi, meningkatkan kreativitas serta juga berinovasi untuk kemajuan dan kemandirian Nagari," ungkapnya.


Berdasarkan hal itu sehingga dia berharap semua Nagari mampu untuk berinovasi dan berkreasi. Tentunya  disesuaikan dengan potensi yang ada di Nagari yang bersangkutan, agar tercipta sebuah Nagari yang maju sebagaimana diharapkan.


Dia juga menyampaikan kepada Wali Nagari dan jajarannya agar berhati-hati pula dalam mengelola dana desa dengan cara menggunakan anggaran sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.


"Ini saya sampaikan karena penggunaan dana desa itu harus jelas karena dikawal secara ketat," tutupnya. (*/wandi)