Nagari Sirukam Gelar Alek Bantai Kabau dan Syukuran Peresmian Kegiatan Infrastruktur -->

Iklan Atas

Nagari Sirukam Gelar Alek Bantai Kabau dan Syukuran Peresmian Kegiatan Infrastruktur

Senin, 06 Februari 2023

Wali Nagari Sirukam, Romi dalam sambutannya 



Solok,Fajarsumbar.com - Dalam rangka syukuran dan peresmian kegiatan Infrastruktur, Nagari Sirukam mengelar alek Bantai Kabau yang dibuka langsung oleh Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda, M.Mar didampingi oleh Anggota DPR RI komisi V Atari Gauthi Ardi, Pimpinan DPRD Kab. Solok Ivoni Munir, pada Minggu (05/02/2023), bertempat di Nagari Sirukam Kec. Payung Sekaki. 


Wali Nagari Sirukam, Romi dalam sambutannya tak lupa mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bupati Solok beserta rombongan dalam acara Bantai Kabau Alek Nagari Sirukam, acara ini juga dalam rangka syukuran dan peresmian kegiatan infrastruktur, dan terima kasih juga atas bantuan pembangunan yang diberikan ke Nagari ini.


Pada kesempatan yang sama, Ketua KAN Dulmarno, tak lupa juga mengucapkan terima kasih atas kehadirannya, serta bersyukur atas pembangunan yang telah terealisasi di Nagari ini. Pada tahun 2023 ini, balai-balai adat akan segera dibangun, terkait dengan itu Kami berharap bangunan yang telah lama terbengkalai agar dapat segera dilaksanakan pembangunannya, dimana nantinya bangunan tersebut bisa di jadikan gedung bersama untuk KAN, BPN, Bundo kanduang maupun Pemuda Nagari.

Sementara itu Pimpinan DPRD kab. Solok Ivony Munir, atas nama lembaga DPRD Kab. Solok juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupten Solok dan masyarakat Nagari Sirukam Kecamatan Payung Sekaki. DPRD dan Pemkab. Solok selalu bersinergi dalam proses pelaksanaan pembangunan di Nagari Sirukam ataupun Nagari-nagari yang lain yang ada di kabupaten Solok.


Pada kesempatan tersebut, Anggota DPR RI Komisi V Athari, juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Sirukam atas sambutan yang luar biasa. Alhamdulillah, setiap tahun program yang turun ke Nagari Sirukam, seperti bedah rumah, P3TGAI, Kotaku maupun perbaikan jembatan. Kabupaten Solok saat ini menjadi kabupaten yang di contoh di sumbar, dimana semua lini pemerintahnya saling berkolaborasi dimulai dari DPR RI, Bupati sampai DPRD, terjadi kolaborasi yang baik, sehingga banyak sekali program-program dari pusat yang bisa dibawa untuk daerah.


Sudah banyak penghargaan yang telah diraih oleh kabupaten Solok saat ini, oleh sebab itu, diharapkan hubungan yang baik ini bisa berjalan kedepannya dan terus berlanjut. Pada tahun 2023 ini juga akan ada banyak program yang akan masuk sperti P3TGAI, bedah rumah dan pamsimas. “Pamsimas ini merupakan program yang bagus, yaitu program air bersih untuk masyarakat”.


Kepada seluruh masyarakat diminta agar mengawasi dan memantau jalannya program tersebut, karna dana untuk program-program tersebut merupakan dana dari APBN. Untuk masyarakat yang sudah dapat saya ucapkan selamat, bagi yang belum dapat akan diusahakan pada tahun 2024 nanti. Kita bisa terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan berkolaborasi serta Ia berharap bisa terus menjadi wakil perempuan dari Sumatera Barat dan membuat bangga perempuan di seluruh Sumatera Barat,” harapnya.


Sementara itu Bupati Solok, Epyardi Asdan, mengatakan bahwa, “saat ini pelaksanaan Program dan Kegiatan di kab. Solok berjalan dengan baik. “Saya telah mengarahkan kepada setiap Wali Nagari, agar setiap anggaran yang disusun diberikan untuk pemberdayaan masyarakat. Kalau anggaran nagari dulu untuk perbaikan dan pembangunan jalan serta irigasi, untuk sekarang itu tidak perlu lagi, karena pembangunan jalan dan irigasi akan dilakukan oleh Pemkab. Solok.


Walaupun baru satu setengah tahun dalam menjalankan roda pemerintahan di kab. Solok, telah banyak mendapat penghargaan, dalam pelaksanaan pelayanan publik, kabupaten Solok mendapat penghargaan dalam hal kepatuhan standar pelayanan publik dari Ombudsman RI dari yang awalnya terbawah (merah) menjadi yang terbaik di sumbar (Hijau). 

Dan juga Bupati Solok termasuk dari sembilan Bupati dari seluruh indonesia yang diundang untuk mengikuti pelatihan kepemimpinan yang di adakan di Singapura, dari bidang UKM juga dapat penghargaan dari Bank Indonesia perwakilan Sumbar, bahwa kab. Solok menjadi kabupaten terbaik yang memperhatikan UKMnya. 

Mari bersama menjaga ketenangan dan perdamaian, bersama memb 

demi masyarakat, Ingatkan janji Kami yang belum terlaksana, jangan ragu untuk melaporkan jika ada hal yang bisa Kami bangun untuk nagari seperti perbaikan pasar, bantuan untuk kelompok tani, pendidikan dan kesehatan.

“Pada tahun 2023, Pemerintah telah menganggarkan dana sekitar 100 Milyar untuk Hot mix jalan di kabupaten Solok, dimana dana tersebut berasal dari dana yang diusahakan anggota DPR RI komisi V, APBN dan APBD, sehingga diharapkan perekonomian bisa berjalan baik nantinya,” harapnya. (Def)