Novera Gusti, Kepsek Harus Menguasai Tupoksi Dalam Memimpin -->

Iklan Atas

Novera Gusti, Kepsek Harus Menguasai Tupoksi Dalam Memimpin

Sabtu, 11 Februari 2023
Sertijab Kepala SDN 02 VII Koto Sungai Sariak dari Desmawati, S.Pd kepada Noviarni, M.Pd, Sabtu 11 Februari 2023 (foto.dok.nov)


Sungai Sariak - Seorang Kepala Sekolah (Kepsek) harus mengetahui dan menguasai terlebih dahulu tentang tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) sebagai manejerial, supervisor dan kewirausahaan. Ketiga tupoksi ini harus dipahami dan dilaksanakan sebagai koridor dari pekerjaan sebagai Kepsek.


Demikian ditegaskan Kepala Dinas  Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Padang Pariaman diwakili Kepala Seksi (Kasi) Sarana Prasarana pada Bidang Pembinaan SD, Novera Gusti, SE dalam pengarahannya dalam serahterima jabatan (Sertijab) Kepala SDN 02 VII Koto Sungai Sariak dari Kepsek lama Desmawati, S.Pd kepada Kepsek baru Noviarni, Sabtu (11/02/23).


Dikatakan Novera, bila tupoksi ini tidak dipahami dan dijalankan, maka arah kebijakan akan melenceng dari tujuan yang telah ditetapkan. Terutama sekali program kerja unggulan yang telah digulirkan Kepala Kepala Disdikbud  melalui inovasi-inovasi Sipintar, Siberseri, Gebu Sipapa dan Sekolah Bersinar.


"Kalau tak diaplikasikan dalam kerja nyata, maka menyebabkan ungkapan kalimat guruku pintar dan muridku hebat, hanya sebatas gaung belaka. Ini sebuah pekerjaan yang harus direalisasikan" harap Novera Gusti.


Selain itu, kata Kasi Sanpras Novera, seorang Kepsek harus bisa dan mampu menjalin kerjasama yang baik dengan guru, wali murid, komite, tokoh masyarakat, aparat nagari dan masyarakat sekitar lingkungan sekolah.


"Sehingga tercipta harmonisasi di segala lini. Sekolahpun akan mengalami maju dan berkembang dengan memiliki nilai jual yang tinggi di mata warga masyarakat" terang Novera Gusti. 


Dalam sambutanya, Kepsek yang lama Desmawati, S.Pd mengaku telah memimpin selama setahun di SDN 02. Tetapi, ia merasakan suasana kekeluargaan yang kuat antara sesama guru, komite dan masyarakat.


Kata Desmawati, selama bertugas disini, dalam bekerja mendapat dukungan dari rekan mitra kerja guru kelas dan guru mata pelajaran. Terutama dalam menjalankan yang telah di canangkan Kepala Dinas Dikbud Padang Pariaman, seperti gerakan Sipintar, Siberseri, Gebu Sipapa dan Sekolah Bersinar.


Kemudian setiap hari Jum'at, ungkap Desmawati, melakukan "Jumat Berkah" dengan cara membagikan makanan gratis kepada setiap siswa.


Ia juga menyampaikan tentang personil yang ada di SDN 02 VII Koto. Yakni ASN sebanyak 4 guru kelas, guru PAI 1 orang, dan 1 orang Guru PJOK beberapa waktu dipanggil Allah. Sedangkan tenaga guru honorer 2 orang dan seorang Operator. 


Desmawati sebagai Kepsek yang lama, ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh guru dan warga sekolah yang telah bekerja sama dengan baik.


"Dengan ini kami meminta maaf atas segala kekhilafan dan kekurangan selama bergaul dan bertugas di SDN 02. Tak terasa kita terpisah karena beralih tugas, sedangkan persaudaraan dan rasa kekeluargaan kita, janganlah terputus sampai disini" ucap dia dengan suara serak.



Sedangkan Kepsek yang baru Noviarni, M. Pd dalam sambutannya meminta dukungan penuh kepada segenap warga SDN 02 untuk bisa kita melanjutkan program-program yang telah dirancang Kepsek yang lama.


"Untuk melaksanakan tugas dan pekerjaan berat ini, tentu ada dukungan dari majelis guru dan warga Sekolah lainnya.Terutama sekali arahan dan bimbingan dari Pengawas Pembina, dan Kepala Sekolah senior" harap Noviarni.


Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kepsek SDN 05 bersama majelis guru yang telah memberikan pembinaan kepada kami selama ini.


"Semoga kita semua sehat selalu dan lancar dan sukses dalam mengemban tugas pengabdian pendidikan ini" ucap Noviarni. 


Sementara itu, Ketua Komite Sekolah Tk. Ibnu Hajar dalam sambutannya mengucapkan terima kasih banyak atas pengabdian Kepsek yang lama dan menjadi amal jariyah, juga selamat bertugas di tempat yang baru.


Untuk Kepsek yang baru, Ketua Komite berharap, agar bisa melanjutkan kepemimipinan di SDN 02 ini. Sehingga bisa menjadikan SDN 02 mempunyai nilai jual yang lebih baik lagi dari sebelumnya.(nov/al)