Pemerintah Kirim Personel SAR ke Turki Hari Ini, Anjing Pelacak Ikut Dibawa -->

Iklan Atas

Pemerintah Kirim Personel SAR ke Turki Hari Ini, Anjing Pelacak Ikut Dibawa

Sabtu, 11 Februari 2023

 

Pemerintah Indonesia akan mengirimkan personel SAR untuk misi bantuan gempa bumi di Turki pada Sabtu (11/2/2023). 



Jakarta - Pemerintah Indonesia akan mengirimkan personel SAR untuk misi bantuan gempa bumi di Turki pada Sabtu (11/2/2023). Tim ini akan didukung anjing pelacak.


Hal tersebut disampaikan Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari, sebagaimana dikutip iNews.id.


"Pemerintah Indonesia akan melepas bantuan kemanusiaan berupa dukungan personel Urban Search and Rescue (USAR) menuju Turki," ujar Abdul Muhari, Jumat (10/2/2023).


Dia mengungkapkan bantuan tim tersebut akan dilengkapi dengan satwa terlatih untuk membantu proses pencarian korban gempa bumi yang masih tertimbun bangunan.


"Tim ini akan didukung dengan satuan anjing terlatih, baik SAR Dog dan K-9," kata dia.


Kegiatan pelepasan tim SAR tersebut akan dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.


"Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di instalasi militer Lanud Halim Perdanakusuma besok pagi," ujar Abdul Muhari. 


Sebagaimana diketahui gempa bumi yang melanda Turki dan Suriah dengan kekuatan 7,8 Magnitudo pada Senin (6/2/2023) mengguncang Provinsi Kahramanras, Turki. Akibat gempa tersebut puluhan ribu orang meninggal dunia baik di Turki dan Suriah. (*)