Pengawas Pembina Syafriati, Sekolah Harus Sukseskan Inovasi Program Unggulan Disdikbud -->

Iklan Atas

Pengawas Pembina Syafriati, Sekolah Harus Sukseskan Inovasi Program Unggulan Disdikbud

Kamis, 16 Februari 2023
SDN 02 Ulakan Tapakih, Padang Pariaman melakukan Sosialisasi Program Unggulan Disdikbud kepada Walimurid dan Komite Sekolah, juga sekaligus Isra' Mikraj, Rabu 16 Februari 2023 (foto.AL)



Ulakan Tapakih - Program unggulan yang sangat bernas dicetuskan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Padang Pariaman terus bergerak di Sekolah -Sekolah. Sosialiasasi Inovasi Program Siberseri, Gebu Sipapa, Sipintar, Sekolah Bersinar, juga melaksanakan Peringatan Israk Mikraj Nabi Muhammad SAW ini, patut untuk diapresiasi dan disukseskan pelaksanaannya pada Sekolah-Sekolah di Kecamatan Ulakan Tapakih.


Demikian disampaikan Pengawas Pembina Kecamatan Ulakan Tapakih, Padang Pariaman Syafriati, M.Pd dalam sambutannya ketika membuka secara resmi Isra' Mikraji di SDN 02 Ulakan Tapakih, Kamis (16/02/23).


Dikatakannya, kesemua program yang digerakkan yang merupakan pogram yang sangat menyentuh Qalbu untuk menciptakan peserta anak didik yang berakhlak mulia ini.


"Kita memang harus mendukung program pemerintah melalui Siswa Bersedekah Setiap Hari, Gerakan Seribu Penghafal Al-qur’an, Siswa Praktek Ibaadah Setiap Hari dan Sekolah Bersih Dari Narkoba" ucap buk Yat, panggilan akrab Pengawas Syafriati yang energik ini 


Ditegaskannya, program ini sangat bagus dan mendukung mutu pendidikan pada satuan pendidikan dasar. Terutama dalam rangka pembentukan karakter anak-anak sebagai penerus bangsa. Anak-anak yang cerdas ilmu pengetahuan dibarengi berakter mulia, akan sopan santun dalam hidup mereka nantinya.


"Kita meminta kepada jajaran tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di Kecamatan Ulakan Tapakih, agar seayun selangkah melaksanakan sesuai arahan yang diberikan dari Pimpinan. Kalau bisa, kita di Ulakan Tapakih harus lebih maju demi meningkatkan kualitas pendidikan siswa kita" harap Yat.


Untuk menyikapi berbagai program dari Dinas Dikbud Padang Pariaman itu, ungkap Syafrianto, Kepala SDN 02 Nurlis Lian, S.Pd.SD telah melakukan aksi nyata dengan mengundang wali murid dalam mensosialisasikan kegiatan pemerintah Kabupaten Padang Pariaman ini. 


"Kegiatan ini harus menjadi contoh oleh semua SDN di Kecamatan Ulakan Tapakih, agar geliat program ini terasa di lingkungan Kecamatan" tegas Pengawas Sekolah ini. 


Pengawas yang juga merupakan pernah Instruktur Kabupaten (IK) ini, mengucapkan terima kasih kepada Walimurid bersama Komite Sekolah yang telah meluangkan waktu untuk menerima sosilaisasi ini. Juga terimakasih kepada Ustad Ilyas TK.Bagindo, M.Pd sebagai penceramah pada kegiatan Israk Mikraj.


Sebelumnya, Kepala SDN 02 Nurlis Lian dalam sambutannya memaparkan tentang kegiatan-kegiatan keagamaan yang telah berjalan di sekolah yang dipimpinnya. Seperti Shalat Duha, Zuhur Berjamaah, Asmaul Husna, MSQ, dan Infak Jum’at.


"Ini kami lakukan semata-mata untuk melatih anak-anak agar disiplin dan mandiri dalam beribadah. Sekaligus membentuk karakter keagamaan mereka" ungkap Nurlis Lian.


"Kepada walimurid, kami minta tolong bersama-sama kita ingatkan ibadah anak-anak di rumah. Di sekolah sudah kami upayakan semaksimal mungkin. Kalau bisa sediakan mukena anak untuk sholat di sekolah. Karena, kendala selama ini, adalah siswa lupa membawa mukena ke sekolah" tuturnya. 


Kepsek Nurlis mengucapkan terima kasaih kepada Ketua MKKS Rabinson, S.Pd beserta pengurus yang sudah bersedia datang menghadiri acara ini. 


Dalam ceramah Isra' Mikraj Ust.Ilyas Tk.Bagindo menyulut semangat siswa untuk rajin beribadah terumata ibadah wajib seperti Sholat lima waktu. Karena, inti dari mikrajnya Nabi Muhammad ke langit yang ke tujuh adalah menjemput perintah sholat. 


Acara ini berlangsung khidmat berkat kepiawaian penceramah dalam melakukan komunikasi interaktif dengan siswa. Siswa merasa dilibatkan, aktif menjawab pertanyaan, dan fokus terhadap materi ceramah. 


Untuk melengkapi kegiatan ini, rupanya guru PAI SDN 02 Ulakan Tapakih Wismarini Tanjung, M.Pd menyelingi tampilan anak-anak asuhannya dalam nyanyian senandung Asmaul Husna, juga Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ) siswa. Sehingga menyebabkan terkesima dan berdecak kagum para Wali murid bersama Komite Sekolah serta undangan lainnya. (AL/sa)