Pesawat Susi Air Dibakar di Papua, Penumpang dan Pilot Nasibnya Belum Diketahui -->

Iklan Atas

Pesawat Susi Air Dibakar di Papua, Penumpang dan Pilot Nasibnya Belum Diketahui

Rabu, 08 Februari 2023
Ilustrasi


Jakarta - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua, berulah lagi. Pesawat milik Susi Air dengan nomor penerbangan SI 9368 dibakar di Kabupaten Nduga, Papua Tengah. 


Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri mengatakan pesawat tersebut dipiloti Captain Philips M, yang merupakan warga negara (WN) Selandia Baru. Pesawat tersebut mengangkut lima penumpang, termasuk bayi.


Ia menyebutkan nama lima penumpang pesawat milik Susi Air, yaitu Demanus Gwijangge, Minda Gwijangge, Pelenus Gwijangge, Meita Gwijangge, dan Wetina W.


"Belum diketahui nasib pilot beserta lima penumpang lainnya," kata Irjen Mathius Fakhiri seperti dilansir Antara, Selasa (7/2/2023) sebagaimana dikutip detikcom.


Pesawat jenis Pilatus Porter itu terbang dari Timika pukul 05.33 WIT dan dijadwalkan tiba di Bandara Moses Kilangin Timika pukul 07.40 WIT.


"Dari pengecekan yang dilakukan dari udara, terlihat pesawat terbakar di ujung lapangan terbang Paro," kata Irjen Fakhiri.


Aparat Gabungan Investigasi

Sementara itu, Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan, menurut laporan yang diberikan District Manager Susi Air Wilayah Timika Jeremy Jordan Rumi, pesawat itu dipiloti Philips Max Marthin, warga berkebangsaan Selandia Baru.


Dia mengatakan aparat gabungan TNI-Polri yang tergabung dari Ops Damai Cartenz, personel Polres Nduga, dan rekan-rekan TNI akan melakukan investigasi terkait kondisi pilot beserta seluruh penumpang pesawat.


"Tim juga akan mendalami terkait murni atau tidaknya kecelakaan yang menyebabkan terbakarnya pesawat Pilatus Porter Susi Air tersebut atau diduga dibakar oleh pihak-pihak tertentu. Tidak tertutup kemungkinan pesawat ditahan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) Nduga pimpinan Egianus Kogoya dikarenakan wilayah itu masuk dalam markas mereka," ucap dia. (*)