Pesawat Tempur AS Kembali Tembak Jatuh Benda Asing, Kali Ini Berbentuk Segi Delapan -->

Iklan Atas

Pesawat Tempur AS Kembali Tembak Jatuh Benda Asing, Kali Ini Berbentuk Segi Delapan

Senin, 13 Februari 2023

 

Pesawat tempur F-16 milik Angkatan Udara AS.



WASHINGTON DC – Pesawat tempur AS kembali menembak jatuh objek tak dikenal yang terbang di atas wilayah negara itu. Kali ini, benda asing itu berbentuk segi delapan dan ditembak jatuh di atas Danau Huron, dekat perbatasan dengan Kanada.


“Mereka memberi tahu saya bahwa (jet tempur) F-16 yang menggunakan rudal AIM-9 telah menembak jatuh struktur segi delapan di atas Danau Huron, ketinggiannya sekitar 20.000 kaki (6.096 meter),” kata Anggota Kongres AS asal Michigan, Jack Bergman, kepada Fox News, Minggu (12/2/2023).


Dia menuturkan, para spesialis sedang berusaha untuk memulihkan puing-puing dan tidak ada kerusakan pada properti atau warga sipil karena benda tersebut jatuh ke air.


Koresponden Senior Gedung Putih untuk NBC News, Kelly O'Donnell, mengungkapkan di Twitter bahwa objek itu ditembak jatuh atas perintah Presiden AS Joe Biden. Dia mengatakan radar AS telah mendeteksi suatu benda di atas Montana dan Wisconsin dan Michigan sebelum jatuh. Masih belum diketahui apakah objek tersebut memiliki kemampuan untuk mengawasi atau memata-matai.


Otoritas AS untuk sementara menutup wilayah udara di atas Danau Michigan pada Minggu. Komando Pertahanan Ruang Angkasa Amerika Utara (NORAD) akan memastikan keamanan lalu lintas udara di area tersebut, sebagaimana juga dikutip iNews.id.


Menurut CBC, Kanada menutup sebagian wilayah udaranya pada Minggu di atas Great Lakes dekat perbatasan dengan Amerika Serikat, sebagai tindakan pencegahan.


Sebelumnya, Otoritas Penerbangan Federal AS (FAA) juga menutup wilayah udara di sekitar Kota Havre di Montana, dekat perbatasan dengan Kanada, Sabtu, usai pesawat tempur F-22 menembak jatuh benda berbentuk tabung di atas wilayah itu. Namun, pembatasan wilayah udara itu akhirnya dicabut dan tidak ada objek mencurigakan yang terdeteksi, menurut NORAD.


Sejak awal Februari, Amerika Serikat dan Kanada sudah menembak empat objek asing yang terbang di atas wilayah mereka. (*)