Presiden Jokowi Akan Kirim Bantuan Uang Tunai untuk Korban Gempa Turki dan Suriah -->

Iklan Atas

Presiden Jokowi Akan Kirim Bantuan Uang Tunai untuk Korban Gempa Turki dan Suriah

Rabu, 15 Februari 2023

Presiden Joko Widodo


Jakarta  - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal memberikan bantuan uang tunai (cash) atau bantuan non-material untuk korban bencana gempa di Turki dan Suriah. Bantuan akan dikirim dalam waktu dekat.


Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi usai menggelar rapat dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, sebagaimana iNews.id.


"Nilai bantuan yang tahu persis Pak Kepala BNPB, tapi yang jelas banyak. Di samping itu tadi Bapak Presiden juga menyetujui nanti akan ada bantuan dalam berupa cash, dalam bentuk non-material," kata Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (14/2/2023).


Muhadjir mengatakan hingga saat ini bantuan kemanusiaan Indonesia telah dikirimkan secara bertahap. Tahap pertama diberangkatkan pada 11 Februari dan tahap kedua pada 13 Februari.


"Untuk kloter pertama itu kita kirim personel sebanyak 62 personel dengan berikut perangkat-perangkat peralatan pendukungnya," kata Muhadjir.


Nantinya, pemerintah akan mengirimkan dokter-dokter yang khusus dan perawat ahli kesehatan yang menangani penyakit-penyakit menular pada tahap kedua.


"Kemudian yang untuk berikutnya kita akan mengirim bantuan berupa logistik yang dibutuhkan. Nanti insya Allah akan diberangkatkan tanggal 20 Februari yang akan kita berangkatkan sebanyak 4 pesawat," katanya. (*)