Puluhan Pedagang di LCM Mulai Direlokasi ke Tempat Baru -->

Iklan Atas

Puluhan Pedagang di LCM Mulai Direlokasi ke Tempat Baru

Senin, 06 Februari 2023

Pedagang yang di LCM sudah mulai dipindahkan ke samping Lapangan Gumarang

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Relokasi pedagang di sekitar Lapangan Cindua Mato (LCM) Batusangkar, mulai dilaksanakan semenjak Minggu (5/12/2023). Pedagang yang semula berjualan di lokasi parkir depan Lapangan Cindua Mato itu, dipindahkan lokasi yang telah disiapkan Pemkab Tanah Datar yaitu, di Jalan Soetoyo atau jalan menuju Benteng Vander Capellen Batusangkar. 


Asisten Ekonomi dan Pembangunan Tanah Datar Abdul Hakim menyebut, relokasi pedagang merupakan bagian dari persiapan pembukaan LCM, usai diserahkan sementara pengelolaannya ke Pemkab Tanah Datar, oleh Kementerian PUPR melalui BPPW Sumbar beberapa waktu lalu.


"Jadi setelah rapat persiapan pembukaan LCM, kita buat jadwal, sebelumnya hari Jumat kita Goro bersama semua pegawai (ASN) di LCM ini. Untuk jadwal relokasi (pedagang) mulai Minggu sore, Alhamdulillah hari ini sudah clear, InsyaAllah besok rapat persiapan membuka LCM," ujar Abdul Hakim, saat berada di lokasi baru pedagang, Senin (6/2/2023).


Disebutkan Hakim, pedagang yang berjualan di lokasi baru tersebut adalah, mereka yang telah terdaftar melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga selaku OPD pengawas LCM. Sementara daftar pedagang dibatasi sebanyak 78 orang saja.


"Jumlah ini (pedagang) terus bertambah, awalnya 32 pedagang, ini pedagang yang terdaftar yang berjualan di sekitar GOR LCM (sebelum renovasi), kemudian bertambah 65 pedagang, sekarang tambah lagi jadi 78, kita stop sampai segitu saja, tidak ada lagi penambahan," tegasnya.


Di kesempatan itu, Abdul Hakim juga mengajak seluruh masyarakat Tanah Datar, untuk ikut menjaga LCM. "LCM ini punya kita semua, jangan dirusak, jangan ada sampah berserakan. Tidak ada di lapangan Pedagang Kaki Lima (PKL), tidak ada kendaraan yang boleh masuk ke lapangan, karena itu lahan tempat RTH 🏦 Batusangkar," katanya.


Sementara itu, salah seorang pedagang di lokasi itu M. Yasin mengatakan, pemindahan pedagang tersebut ada kelebihan dan kekurangannya. Baik dari keramaian dan sisi keamanan.


Hal yang sama juga dikatakan pedagang lainnya Devi, ia beranggapan bahwa berjualan di depan LCM lebih banyak pengunjung, daripada di tempat yang baru. Meski demikian ia tetap ikhlas dan bersyukur dipindahkan ke tempat baru.


"Kalau untuk sekolah ya tentu ramai disini, tapi kalau pembeli umum sepertinya lebih ramai di tempat lama. Baru pertama pindah belum bisa dipastikan bedanya, tapi mudah-mudahan ke depannya lebih ramai," kata Devi. (F12)