Sambut WSBK 2023, Dispar Mataram Gelar Festival Mandalika -->

Iklan Atas

Sambut WSBK 2023, Dispar Mataram Gelar Festival Mandalika

Kamis, 16 Februari 2023

 

Para pembalap WSBK memacu tunggangannya di Sirkuit Mandalika, Lombok, Indonesia pada Minggu (13/11/2022).



Mataram - Dinas Pariwisata Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyiapkan kegiatan Festival Mandalika untuk menyambut ajang balap motor internasional World Superbike (WSBK) 2023. Agenda tersebut akan digelar pada 3-5 Maret di Pertamina Mandalika International Street Circuit. 


"Kegiatan Festival Mandalika kita siapkan di Taman Loang Baloq, Kecamatan Sekarbela," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram Nizar Denny Cahyadi, Rabu (15/2/2023).


Dia mengatakan, kegiatan Festival Mandalika tersebut merupakan ajang hiburan rakyat dengan menampilkan berbagai kesenian modern dan tradisional serta membuka stan produk unggulan dan kuliner bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di kota ini. "Harapan kita melalui kegiatan ini dapat memotivasi pelaku ekonomi kreatif untuk bisa mendapatkan dampak ekonomi terhadap kegiatan internasional itu," katanya.


Berbagai hasil kerajinan unggulan Kota Mataram yang akan disiapkan dalam Festival Mandalika, antara lain, kerajinan mutiara, emas, perak dan cukli. Selain itu, ada hasil pangan olahan lokal yang dijadikan berbagai makanan khas misalnya, hasil olahan rumput laut, kacang-kacangan dan lainnya. Sementara menyinggung tentang apakah sudah ada tamu-tamu WSBK yang memesan hotel di Mataram, Denny, mengakui sejauh ini belum melakukan koordinasi dengan para pelaku hotel,sebagaimana dikutip iNews.id.


"Walaupun WSBK berskala internasional tapi tidak sebesar MotoGP, jadi kemungkinan pemesanan hotel mulai terlihat pada H-2 minggu pelaksanaan WSBK," katanya.


Sedangkan untuk kegiatan menyambut MotoGP 2023 di Sirkuit Mandalika yang diselenggarakan pada 13-15 Oktober, kata Denny, Dispar akan disiapkan hiburan di Taman Loang Baloq yang dikemas dalam acara "sunrice to sunset". 


Hiburan "sunrice to sunset" digelar dari pagi pukul 07.00 Wita sampai malam pukul 22.00 Wita menghadirkan band-band lokal dan kesenian tradisional yang bisa dinikmati gratis oleh warga serta tamu MotoGP. "Kegiatan itu untuk menghibur masyarakat sekaligus sebagai ajang promosi menarik tamu-tamu datang ke Taman Loang Baloq," katanya. (*)